Ganti motherboard tanpa install ulang windows



Ganti motherboard Anda tanpa menginstal ulang Windows!
nah ni masalah anda yang sering dihadapi apalagi tahun tahun gila ini mobo keluaran sana sini patut dicoba

Apakah motherboard Anda rusak setelah tahun penggunaan dan anda tidak dapat membeli komputer baru ? Apakah anda ingin meng-upgrade ke motherboard "baru"? Kalo anda pernah mengti motherboard, kemungkinan komputer tidak akan boot den motherboard baru.

Dalam hal dewan baru Anda tidak akan memungkinkan Anda untuk boot ke Windows, Anda harus memformat drive dan menginstal ulang Windows ... bener ga  ? Mungkin tidak.

Bila Anda menganti motherboard dan motherboard yang memiliki sama "chipset" (motherboard audio / video sirkuit dll), komputer biasanya boot ke Windows, dan memungkinkan Anda untuk menginstal driver baru dan perangkat lunak. Gampang kalo ini ga usah lanjut baca aja  ?

Di sisi lain, ketika Anda menginstal motherboard dari produsen yang berbeda dari Anda "diganti" motherboard, anda mungkin mengalami masalah boot, kegagalan untuk boot, BSOD, restart, dll Untuk menghindari masalah yang terkait den pengtian motherboard, ikuti langkah berikut:

* Waspada, ini HARUS dilakukan sebelum mengti board anda yang lama den BOARD BARU (chipset berbeda dan lain lain beda jauh). *

-------------------------------------------------- ----------------------------

1.) Hidupkan PC.

2.) Setelah powering up komputer Anda, tekan "F8" berulang kali. Muncul pilihan pilih aja "Safe Mode", di antara pilihan lain.

3.) Pilih "Safe Mode".

4.) Ketika komputer Anda telah boot ke layar desktop, layar Anda akan memiliki pemberitahuan bahwa Anda berada dalam safe mode. Jika Anda mendapatkan pesan yang memungkinkan Anda untuk "... klik OK untuk melanjutkan", klik ok.

5.) Berikutnya, anda perlu masuk ke "Device Manager", dan uninstall semua driver / perangkat lunak yang berhubun den motherboard lama Anda.

6.) Klik pada menu "Start"

7.) Klik "Control Panel" (Jika dalam "View Category", klik "Performance and Maintenance", kemudian klik "System" icon. Jika dalam "Classic View", double klik "System" icon.)

8.) Klik pada "Hardware" tab.

9.) Klik pada "Device Manager".

11.) Klik kanan semua sub kategori untuk perangkat keras yang terdaftar di bawah, dan klik "Uninstall". Ketika "Uninstall" tidak bisa, pilih "Disable". Kategori-kategori yang harus dipilih dan subkategori dihapus (atau dinonaktifkan) hak paten nya  dibawah ini harus clear :

"IDE ATA / ATAPI Controllers"

"Network adapter"

"Sound Driver dan Game Controller"

"Universal Serial Bus Controller"

"VGA Adapter"

-------------------------------------------------- --------------------------------

Setelah kelompok perangkat keras di atas dihapus atau dinonaktifkan, sekarang saatnya untuk menghapus perangkat lunak yang berhubun den hardware / driver yang dihapus.

12.) Pilih menu "Start", kemudian klik "Control Psayal." Berikutnya, klik da "Add or Remove Programs." Uninstall software APAPUN yang berhubun den perangkat keras yang akan diti. (Misalnya, jika Anda memiliki NVIDIA kartu vga onboard pada motherboard lama Anda, dan Anda melihat software untuk: "NVIDIA Control Psayal", HAPUS Jika anda tidak yakin apa yang harus dihapus SKIP LANGKAH INI, dan hubungi produsen yang berpengalaman,. atau costumer service (sekarang lah tinggal bikin thread di kaskus udah dibantu)

13). Selanjutnya, saatnya untuk mematikan komputer anda dan mempersiapkan diri untuk menganti motherboard baru. Sekarang perangkat lunak lama dan driver tidak boleh bertentan den perangkat keras baru, dan driver yang akan diinstal setelah pengtian.

kalo ga berhasil coba otak atik registry dikit (tutorial banyak saya ga berani buat takut salah kaprah PC anda)
Selanjutnya
« Pos Selanjutnya
Sebelumnya
Pos Sebelumnya »

3 komentar

Klik Disini Untuk komentar
Unknown
admin
Tuesday, March 14, 2017 8:12:00 AM ×

Permasalahannya sama gan.. ane punya matherboard RAMnya masih DDR2 ane upgrade ke motherboard yg sudah support DDR3, namun masalahnya tdk bisa boot, setelah muncul logo windows pc langsng restart,,, uda lakuin sesuai postingan agan.. namun tetap blm teratasi.. mohon bantuannya gan...

Makasih...

Reply
avatar
Tuesday, March 14, 2017 6:20:00 PM ×

Pastikan settingan SATA/ IDE di BIOS motherboard yang baru sama gan. Jika belum teratasi bisa ubah mode (misal IDE ke AHCI) atau sebaliknya, silahkan search "how to change IDE to AHCI on windows" atau sebaliknya.

Jika belum bisa lakukan langkah diatas sekali lagi dan pastikan tepat gan :)

Reply
avatar