Tips merawat processor (pasta dan idle)


Sumber : resmi dari thread saya dikaskus, ID Kevin.golanda


saya sharing aja tentang sedikit perawatan processor.
Trik yang saya share cuma ngurangin volt n memaksimalkan idle agar dingin dan penggunaan pasta yang tepat.

Idle (dalam komputer), adalah saat kita dimana ga melakukan sesuatu (pada komputer kita). Terkadang kita juga tidak mengaktifkan fitur sleep nah fitur ini sangat berperan.
ABOUT Idle Processor:
Intel & AMD umumnya punya fitur C1E, IntelSpeedstep, AMD cool n quiet. Nah baru baru nya mereka juga memaksimalkan fitur fitur mereka. Contoh, amd denanda cool n quiet 3.0 dan Intel denanda halt state C2/ C3 kalo ga salah.
Pada umumnya fitur" tersebut ON default setting pada BIOS.

Tetapi karena demi meraup keuntunanda tinggi toko toko sering mematikan fungsi ini alhasil procie serasa kerja-nya kuat banget, alias kalo idle ga maksimal.
Kok bisa ?
Sebenarnya fitur fitur seperti cool n quiet dianjurkan dimatikan ketika si pengguna ingin mengoptimalkan overclock dan kebutuhan yang memang haus akan perfoma.

Beda halnya jika orang pemula yang ingin membeli komputer baru digunakan untuk rumahan, mereka tak sadar jika fitur tersebut tidak dalam keadaan ON. Alhasil ketika mereka mendiamkan PC selama berjam berjam, terutama jika fitur sleep mati dan parahnya lagi dipake lama tapi aplikasi rin
gan.
Betapa boros-nya listrik yang termakan oleh PC anda hanya karena fitur tsb.
Memang, jika dalam jangka beberapa bulan ga masalah tapi jika misal si pengguna melakukan-nya hingga bertahun tahun seperti tsb apalagi hingga pasta kering (saya banget waktu pertama beli kompi)

Umumnya processor berjalan 30-50c jadi melonjak hingga 80c bahkan lebih dan parahnya processor tsb tidak mati sendiri dan sangat parahnya lagi rusaknya kalo pas tiba" keadaan genting, solusi andati PASTA



Aktifin aja anda daripada nyesel, pengguna rumahan recommended. Kalo gamenet OK juga denanda sedikit penurunan perfoma ketika saat processor benar benar panas.
AKTIF-IN PENGHEMAT DAYA dan fitur IDLE:
Fitur cool n quiet, intel speedstep, dan lain lain aktifinya dimana ye ?
Pertanyaan pemula yang ingin jadi professional biasanya gitu anda

1. Masuk BIOS, bios apa tuh ? waktu nyalain komputer langsung tekan delete berkali" (umumnya bios tekan delete tapi ada yang F12 F8 F2 dll.

2. Kalo pemula saya saranin restore default setting (tapi bahayanya setting nya amburadul di beberapa BIOS otomatis ga bisa boot, serba salah anda kalo mau nekat lanjut baca aja)

3. AMD dulu, Nah ini kita mulai masuk aja advanced setting (AMD biasanya langsung ketemu) ada tulisan cool n quiet ketemu, pilih auto/ ON, saya saranin ON buat penggunaan standar kalo gaming, desain, video editor pilih auto aja.

4. Saatnya intel, kalo intel biasanya masuk standard setting/ bisa juga advanced setting, pilih processor feature/ processor setting/ kalo ga ada lewati.

5. cari tulisan C1E, C2, C3, dan intel speedstep (kalo ketemu, kalo ga ketemu asal masuk aja ga usah baca no.4) ubah jadi AUTO/ ON. nah kalo menurut pengalaman saya pernah dicoba ON semua tapi jadi ga bisa boot alias blank saran auto aja.

6. Save setting and restart. Restart dulu anda


Bagaimana denanda pasta, Apakah pasta processor itu ? Bahasanya sebenarnya thermal-paste/ penghantar panas (DISARANKAN YANG UDAH PENGALAMAN ANDATI PASTA KALO RAGU PANGGIL ORANG AJA)
 ABOUT PASTA PROCESSOR:
1. Kenapa kita butuh pasta ? ya karena processor denanda heatsink ga lengket amat lho kok bisa ? kalo nempel banget kita ga sengaja masangnya kuat banget otomtis proci kita geter dalemanya dijamin KO
2. Kalo ga pake pasta gimana ? boleh (saya ga pake kok suhu kisar 40-58c), asal processornya yang biasa (biasanya belum dualcore). Kalo ga pake KERUSAKAN TANGGUNG NDIRI
3. Nah kok tau suhunya dari mana lo anda ? pake software banyak everst, hardware monitor, dkk. Tapi terkadang ga akurat (itu karena sensor di hardware aanda ga bener)
4. Harandaya mahal anda !! iya kalo mahal pasti kualitas juga memadai.
5. Ada yang murah ga ? ada banyak kok, tapi penghantaran panas ga perfect.
6. Nah paling murah 2rb 1x pake ga mantep pula, bisa dimodifikasi ga ya ? Bisa anda asal racikan aanda tepat dan penggunaanya secukupnya JANANDA SAMPE KENA KOMPONEN LAIN.
7. Ingat ya makenya dikepala processor aja, terkadang ada juga yang belum pengalaman sampe pin-pin nya juga dikasi aus dah


Buat pasta yuk, bukan buat sih tapi ngeracik denanda bahan lain (HATI HATI SELAMA PROSES PENGERJAAN). Saran lagi jananda pake banyak banyak, takutnya sampe nyebar ke motherboard bisa gawat nanti kalo keluar api segala.
Pilih cara yang menurut aanda mudah dan hemat
 CARANYA ANDA Tinggal Plih:
 CARA 1:
Membuat Pasta Processor Sendiri (100% Dingin) Tanpa Modal
Sudah seminggu saya bereksperimen buat pasta processor sampai" pc saya bongkar pasang 20 kali dan akhirnya jeng jeng... berhasil deh. Nah kali ini saya bakal ngeshare bagaimana cara membuat pasta processor sendiri 100% dingin en tanpa modal.


Bahan yang di perlukan :

1 . Oli motor atau mobil (yang baru tapi jananda beli. Minta aja ke bengkel botol oli bekasnya yang udah abis trus anda tuangin ke wadah kecil. Lumayan meskipun dapet 5 tetes juga hehe.. .).
2 . Bedak (bebas bedaknya asal jananda pake talk. Kalo ga ada di rumah minta aja ke tetangga dikit doang.).
3 . Terakhir yaitu Pasta solder (minta aja ke tukang service elektronik. dikit aja cuman secuil.).

Cara membuatnya :

1 . Siapkan wadah (yang kecil aja soalnya biar ga susah ngaduknya).
2 . Masukkan pasta solder ke wadah trus buat pastanya jadi hancur (ga beku kaya pertama).
3 . Campurkan oli sedikit ke wadah tersebut lalu aduk hingga rata (jananda sampe terlalu encer).
4 . Terakhir Campurkan juga bedak sampai merata. Daann jeng..jeng... jadi deh Pasta Processor buatan sendiri.

Saya udah coba di PC saya sendiri yang processornya Intel core 2 duo 2.97Ghz dan hasilnya ga jauh dari 30-45 celcius. Kalo aanda masih ga percaya, nih saya kasih fungsi dari bahan tersebut :
1 . Oli, untuk mendinginkan suhu processor seperti kaya mendinginkan mesin motor/mobil.
2 . Pasta solder, untuk menstabilkan suhu processor.
3 . Bedak, untuk menghindari terjadinya meleleh atau mendidihnya dari pasta processor tsb.

 CARA 2:


selama ini kita tahu kalo pasta bawaan pabrik kalo dah di pake lantas kalo mainboard rusak nah pastanya kan kering + lengket, sedangkan pasta yg botolan yg di jual murah kurang memenuhi syarat buat mendingin kan processor. Ini proyek saya yg dolo dan sudah saya uji coba bbrp tahun ini dan saya udah praktekin juga waktu event yg baru ini pada demo overclock di BG Junction

di bakar pake api tidak leleh dan tidak kering, saya udah kasih rahasia nya ke pak prawiro ama adi nugroho soalnya org nya minta

1 botol penuh pasta processor murahan yg harandaya sekitar paling mahal Rp 10.000 an
1 botol penuh pasta  soldering yg kecil harga sekitar Rp.10.000
1 pak GEMUK TOP 1 ukuran 1/2 kg harga sekitar 50-60 ribu

itu bahan di campur semua lantas di tambahin gemuk dari merk TOP one sekitar 20% lantas di aduk total sampe nyampur

biar bahan nya kagak ada baunya kita beli essen di toko bahan kimia, mau rasa apa banyak kok, pewarna dari tinta printer yg jenis durabrite

hasilnya kalo di tancepin processor meski 1 tahun begitu di buka lagi kagak kering, penurunan panas sekitar 5-10 derajat jika cara nyampurnya bener

ini emang saya bikin dolonya buat ancurin nama intel processor kebetulan saya dari team nya AMD processor, denanda pasta ini suhu processor AMD bisa cuman di deteksi sekitar 15-20 derajat pada ruang AC suhu 27 derajat dan kondisi casing terbuka.

ini udah di uji coba oleh cipta mandiri beserta reaktor yg memasarkan pasta zigmatek dan thermal take, hasilnya hampir menyamai mereka punya produk.

kan keren pak pasta hampir menyamai mereka tapi 1 tube nya kagak sampe 50 ribu cara bikin nya drpd pasta branded an tapi harga paling murah US$ 7
Selanjutnya
« Pos Selanjutnya
Sebelumnya
Pos Sebelumnya »

6 komentar

Klik Disini Untuk komentar
tofa_muz
admin
Friday, February 07, 2014 3:04:00 PM ×

Artikelnya keren gan, kebetulan ane jga lg ad masalah overheating pada lptop, dha watkunya ganti pasta, masalahnya ane gk prnah bongkar lptop, taunya PC doang. Klo boleh sih ane mw minta kontaknya agan biar bsa konsultasi langsung klo ad masalah

Reply
avatar
tofa_muz
admin
Friday, February 07, 2014 3:06:00 PM ×

oh ya, ini pin ane gan, tlg d invite ya, 762A9A59

Reply
avatar
Eno
admin
Friday, April 25, 2014 12:12:00 AM ×

ilmu yg bermanfaat.... bagus bnget.

Reply
avatar
Friday, April 25, 2014 3:45:00 PM ×

Keren artikelnya gan! Sama masalahnya dgn ane gan. Kmrn gara2 thermal pasta ane udh kering si kompi setiap di idupin responnya lama bgt. Setelah ane buat pasta sendiri (pake pasta gigi pepsoden) nah baru deh tu kompi lancar bgt.

Reply
avatar
Saturday, April 26, 2014 6:38:00 PM ×

yang pasta gigi belum coba sih, tapi saran ane gan :D sering-sering dicek gan keadaan pastanya secara berkala menghindari jadi kerak yang lengket

Reply
avatar