[2014] AMD Top Console, rekomendasi untuk gamer


Membahas soal inovasi dari AMD memang tidak akan habis-nya, jelas memang begitulah teknologi yaitu sangat dinamis. Pada post ini akan dijelaskan dan saya akan kenalkan kepada anda sebagai pembaca apa saja console yang dipersenjatai oleh AMD.

Tahukah kalian console, Playstation 4, Xbox One, dan Nitendo Wii U ? Mereka adalah konsole yang dapur pacunya dikerjakan sepenuhnya oleh AMD, benar sekali salah satu 'teknologi' ini yang umumnya digunakan pada PC dan mobile PC yang faktanya jarang orang mengerti apa itu AMD (umumnya di Indonesia) bahkan sudah dipercaya oleh tiga perusahaan tersebut untuk menjalankan game 'masa depan' dan tentunya spesifikasi yang dibutuhkan untuk mengolah grafis game semakin tinggi pula.

Kenapa AMD bisa dipilih ya ? Padahal console generasi sebelumnya tidak pernah ada sejarahnya AMD 'nempel' sebagai 'otak' si console. Itu pasti ada yang perlu dicurigai dari AMD. Benar memang ada yang aneh belakangan sebelum ketiga console tersebut dirilis AMD sudah berinovasi dengan 'otak' pemroses grafis mereka. Coba lihat saja processor laptop yang menurut review-nya setara Intel Atom saja sudah dapat menjalankan game sekelas Left 4 Dead dengan resoulusi HD.


Sony Playstation 4




Saya akan jelaskan mulai dari console milik Sony, Playstation 4. Rilis pada akhir tahun 2013 tepatnya tanggal 15 November 2013 rilis pertama di Amerika utara. Dengan spesifikasi sekelas (hampir) dengan PC High-End sekarang (tahun 2014).

Console ini dibekali dengan otak CPU semi-custom AMD jaguar-architecture 8 core dan pengolah grafis (GPU) semi-custom AMD yang sebenarnya AMD HD 7870 yang dimodifikasi. CPU+GPU ini menyatu dalam satu 'die' dan disebut APU. Juga total RAM adalah 8GB GDDR5 dipacu dengan clock 2,75GHz. Serta tambahan ARM processor + 256 DDR3 RAM untuk prosess background dan menjalankan OS.

Dilengkapi pula media pembaca Blu-ray ditambah pula media penyimpanan hard-drive 500GB (bisa diupgrade oleh user). Pembaruan bentuk controller pun juga sedikit mencolok dari PS3 dan fitur terbarunya.
Dengan inovasi terbaru dari AMD (AMD TrueAudio), suara yang dihasilkan (output) oleh console ini lebih 3D. Lengkapnya disini.


Microsoft - Xbox One



Lalu disusul pula Xbox One milik Microsoft. Rilis pada tanggal 22 November 2013 di Amerika Utara, tidak jauh dari tanggal rilis PS 4. Dengan spesifikasi dapur-pacu yang 'sama' dengan milik PS4. Console besutan microsoft ini jelas memiliki perbedaan dengan PS4. 

Seperti Xbox generasi sebelumnya Xbox One dengan Kinect (tetapi versi terbaru, Kinect 2) serta inovasi lainya yaitu SmartGlass yang disebut-sebut dijalankan pada Windows Phone, iOS, dan Android sebagai layar kedua.

Perbedaan hardware sekilas hanya terlihat pada jenis RAM yang digunakan yaitu DDR3 dengan clock 2,133GHz dan katanya dukungan membaca hard-drive external. Pemrosesan suara dengan surround 7.1 dan resolusi display 4K. Dari segi keseluruhan, 'otak' Xbox One dan PS4 sama, tapi sudah jelas Microsoft dan Sony memberikan ciri kas pada console besutan mereka.




Nitendo - Wii U



Walau console sudah 2tahun yang lalu tetapi jangan khawatir soal pengalaman gaming-nya, masih banyak kok developer yang mengembangkan game untuk Wii U. Rilis pertama tanggal 18 November 2012 di Amerika Utara dan Canada. 

Spesifikasi Wii U dibekali dengan CPU 1.24 GHz Tri-Core IBM PowerPC "Espresso" dan GPU milik AMD, 550 MHz AMD Radeon "Latte" GPU. Rupanya Wii U dikembangkan dengan 3 Chip berbeda, IBM (CPU), AMD (GPU), dan Renesas (EEPROM). Dibekali pula RAM DDR3-1600 sebesar 4GB dan penyimpanan masal dengan memori flash internal sebesar 8GB.

Controller Wii U beragam, ada yang bentuknya seperti tablet (sebagai kontroller layar sentuh), controller umum seperti milik Playstation/ Xbox, dan controller berbentuk seperti remot TV. Console Wii U ini memang sudah cukup kalah dalam hal spesifikasi dari kedua konsol diatas tetapi dalam masalah harga bisa dikatakan dapat mencapai hingga 'setengahnya' harga PS4/ Xbox One.
Tetapi berkat 'otak' pengolah grafis milik AMD, grafis game yang dihasilkan Wii U rata-rata melebihi PS3 dan ada kurang-lebihnya jika dibandingkan dengan Xbox 360.


PC - Sebagai game console ?

Bagaimana dengan PC ? Bermain game dengan PC mungkin bisa jadi solusi untuk menghemat budget tetapi mendapat perfoma sekelas game console. Kekuranganya dalam controller, bisa menggunakan controller tambahan bisa 'diakalin' dengan converter, misal converter controller Xbox 360 dan dapat digunakan dengan cukup tancap pada USB port.

Dengan meng-custom sendiri spesifikasi hardware maka anda dapat menentukan sendiri berapa budget-nya. AMD mempunyai solusi dengan APU. Jika anda menggunakan APU tanpa tambahan VGA-discrete (terpisah) maka sangat direkomendasikan menggunakan RAM DDR tertinggi (tentunya maksimal yang didukung APU).

Contoh konfigurasi hardware bisa seperti ini, AMD APU A10-7700K (termasuk GPU Radeon R7 series) + RAM 8GB DDR3-2133 + Hard-Drive 500GB + motherboard FM2 (bebas dan sudah support A10-7700K tentunya). Meng-custom spesifikasi PC sendiri memang asik tapi perlu diketahui tujuanya, jadi jangan sampai anda tergiur untuk cepat-cepat 'merakitnya' ada baiknya membaca review dan informasi dari internet.

***KONTES DARI AMD
Top 3 Game Console saat ini: Sony Playstation 4, Microsoft Xbox One dan Nintendo Wii U telah menggunakan Prosessor dan Kartu Grafis dari AMD, bagaimana dengan kamu ? Yuk, bergabung dengan AMD di #AMDTopConsole


Selanjutnya
« Pos Selanjutnya
Sebelumnya
Pos Sebelumnya »

1 komentar:

Klik Disini Untuk komentar
Unknown
admin
Tuesday, February 25, 2014 11:46:00 PM ×

:v

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar