AIMP : Audio Player Terbaik GRATIS

Audio player atau yang mungkin lebih umum mungkin disebut music player, sudah menjadi 'barang' wajib sebagai hiburan. Ada ungkapan pula "musik membuat hidupku penuh warna", membuktikan music player sudah menjadi kebutuhan pokok bagi mereka pecinta musik. 

Tetapi umumnya yang hanya sebagai penikmat saja musik tidak terlalu mementingkan music player yang mereka gunakan dan tidak sensitif terhadap kualitas suara yang dihasilkan tiap-tiap player. Tetapi bukan berarti itu berlaku untuk semua orang, hanya mungkin saja mereka belum mengetahuinya.

Pada posting ini AIMP-lah yang menjadi jawara dalam dunia music player (versi saya). Memang player satu ini gratis, tetapi kualitas juga fiturnya saling berkolaborasi hingga memiliki ciri khas tersendiri seakan membuat AIMP ini menjadi powerfull.

Untuk yang tidak sabar mendownload AIMP bisa langsung kunjungi disini.

AIMP


Mengutip dari wikipedia, AIMP (Artem Izmaylov Media Player) adalah software audio player gratis untuk Windows. Dibuat oleh developer asal rusia Artem Izmaylov yang hingga sekarang dikembangkan bersama tim developer AIMP, rilis pertama 8 Agustus 2006.

Secara garis besar menurut saya, AIMP memiliki banyak kemiripan dengan winamp, mulai dari tampilan, dapat menggunakan plugins winamp, dan hingga dapat merubah tampilanya hingga menjadi 90% mirip winamp. Tetapi AIMP sendiri memiliki lebih banyak fitur yang lebih memanjakan pengguna.

Berikut fitur-fitur yang ditawarkan AIMP (sumber dari kaskus) :
  • Mendukung banyak format musik : AAC, AC3, APE, AIF, AIFF, APE, CDA, FLA, FLAC, IT, KAR, MAC, MID, MIDI, MO3, MOD, MP1, MP2, MP3, MP +, MPC, MPP, MTM, OFR, OFS, OGA, OGG, RMI, S3M, SPX, TTA, UMX, WAV, WMA, WV (WavPack), XM
  • Crystal-clear sound: sebuah teknologi algoritma terdepan yang sanggup menghasilkan suara yang jernih seperti aslinya, tapi tetap dengan pemakaian sumber daya yang minim. Hal ini lah yang paling membedakan AIMP dengan audio player lainnya.
  • 18-band Equalizer: jumlah band equalizer tersebut adalah yang terbanyak untuk sebuah audio player, sehingga pengaturan keluaran suara bisa lebih sensitif.
  • Built-in sound effects: fitur yang menyenangkan untuk merubah-rubah keluaran suara dari sebuah lagu, tersedia efek Reverb, Flanger, Chorus, Pitch, Tempo, Echo, Speed.
  • 32-bit sound processing: dilakukan pemrosesan 32-bit pada file audio untuk menghasilkan kualitas suara terbaik, fitur ini harus diaktifkan dulu melalui Options > Playing
  • Replay gain/ replaygain (RG): mengatur/ menormalisasi keluaran suara dari lagu yang memiliki tingkatan/ kekerasan suara yang berbeda-beda, sehingga tidak membuat Anda harus bolak balik menaikturunkan volume.
  • Voice remover: menghilangkan suara vokal sehingga membantu Anda untuk dapat berkaraoke ria. Letaknya ada di bagian DSP Manager.
  • Plugin & DSP (Winamp): Dukungan pada plugin & DSP mampu memperluas fungsionalitas dari player dan selain yang khusus dibuat untuk AIMP, plugin & DSP yang diperuntukan bagi audio player Winamp juga bisa dipakai di sini. Sebuah fitur yang mempermulus usaha Anda untuk bermigrasi dari Winamp ke AIMP.
  • Multi-playlist: playlist bisa dibuat banyak dalam tab-tab, tiap tab secara otomatis akan menampilkan nama folder, bisa juga Anda ganti dengan nama lain sesuai keinginan.
  • Auto arrange playlist: saat kita memasukkan atau drag dan drop beberapa folder berisi lagu ke dalam playlist, maka secara otomatis daftar lagu akan diatur menurut nama foldernya, sehingga lebih rapi dan memudahkan dalam pencarian. Di bagian Options > Playlist Anda bisa atur lagi selain berdasarkan nama folder.
  • Bookmark
  • Queue, membuat antrian dalam memainkan file lagu
  • Quick search, pencarian nama lagu secara cepat
  • Advanced search: Mengelola banyak track lagu dalam playlist jadi lebih mudah, cepat dan menyenangkan.
  • Skin & Visualisation: Penampilan biasanya bukan suatu hal yang penting, tapi bagi mereka yang menganggap tampilan audio player layaknya panggung pertunjukan, maka AIMP adalah audio player yang dengan sangat serius mendukungnya. Telah tersedia banyak pilihan variasi & model skin dari para grafis desainer handal. Apalagi dengan adanya skin editor yang user-friendly.
  • Internet radio: AIMP mampu melakukan streaming audio dari stasiun/ channel radio online yang Anda sukai, beserta fungsi untuk bisa merekam dan hasilnya disimpan dalam format WAV/ WAVE.
  • Mini Player/ TrayControl: Tentu tidak selamanya Anda terus memperhatikan tampilan player, namun Anda pun ingin cepat untuk dapat mengakses kontrol-kontrol dari player, untuk itu saat di-minimize (klik tanda ikon minus di kanan atas player) akan muncul tampilan player dalam bentuk kecil memanjang. Fitur ini bisa dihilangkan melalui Options > Tray, jadi player benar-benar hilang dari desktop ke ikon tray AIMP.
  • Information bar: kotak panjang yang selalu muncul beberapa detik saat lagu mulai jalan. Dan kotak ini bisa diatur lebih jauh lagi, seperti posisi munculnya, informasi apa saja yang ingin ditampilkan dan mengubah warnanya.
  • Hotkeys: atur shortcut secara lokal maupun global sesuai selera.
Daftar diatas adalah cakupan fitur yang menurut saya unggulan dari AIMP. Masih banyak lagi fitur-fitur khas AIMP yang dapat Anda pahami sendiri. Mungkin beberapa fitur saja yang akan di review pada postingan ini, yang mungkin Anda sangat patut untuk mencobanya.

AIMP : DSP Manager


Salah satu control panel yang paling sensitif bagi para pecinta musik. AIMP menyediakan control yang lebih lengkap, yakni adanya volume normalization, fading efek saat penggantian lagu, dan pengaturan efek yang lebih beragam.

Sound Effect

Ada beragam pilihan efek yang dapat meningkatkan pengalaman mendengarkan lagu Anda, menurut saya pengaturan Bass dan Enhancer yang sangat tarasa, membuat suara bass lebih dalam dan lagu terdengar lebih nyata.

Berikut efek-efek yang dapat membuat pengalaman mendengarkan lagu lebih Anda lebih menyenangkan :
  • Echo
  • Reverb
  • Flanger
  • Chorus
  • Bass
  • Enhancer
  • Speed
  • Tempo
  • Pitch
  • Voice Remover
  • Fading
  • Smoothing Volume

Equalizer


Equalizer pada AIMP terbilang cukup powerfull karena dilengkapi dengan 18-band yang berbeda sehingga dapat mengatur setiap frekuensi dengan lelusa atau lebih tepatnya equalizer kepunyaan AIMP cukup sensitive. Bagi pecinta musik mungkin ini bisa jadi kabar baik, karena dapat mengatur detail suara lebih optimal.

Volume Normalization


Terkadang ada beberapa koleksi lagu yang memiliki volume suara tak beraturan, misal ketika sedang mendengarkan lagu track 1 volume nyaman ditelinga lalu ketika track 13 tiba-tiba suara terdengar kurang jelas sehingga harus mengeraskan voluemenya. Dengan fitur normalisasi volume ini Anda dapat mendegarkan lagu lebih nyaman, tidak terlalu keras dan tidak terlalu pelan ditelinga.

Mixing Options


Pada menu terakhir ini terdapat fitur-fitur yang membuat transisi saat pergantian lagu lebih lembut dan lebih enak didengar.

AIMP : Information Bar


Terkadang ada lagu yang intro-nya hampir sama sekali tidak terdengar, dalam kasus seperti ini information bar sangat membantu mengetahui lagu apa yang sedang dimainkan dan dapat mengetahuinya lebih cepat jika kita menghendaki mengganti ke lagu berikutnya daripada harus menunggu beberapa saat untuk mendegarkanya dahulu.

Membuat Tampilan AIMP menyerupai Winamp


Sebelumnya Anda pengguna winamp ? Dan masih belum terbiasa dengan tampilan AIMP atau lebih menyukai tampilan winamp ? Tenang saja, Anda tidak perlu menginstall 2 music player sekarang hanya karena masalah tampilan. AIMP menyediakan beragam skin bahkan Anda dapat membuatnya sendiri. Untuk skin seperti diatas (Winamp Bento) Anda dapat mendownloadnya disini.

Untuk skin/ tampilan yang lain Anda dapat mencarinya disini

ATAU bagi pecinta winamp silahkan pilih :
  1. Winamp Big Bento
  2. Winamp Modern
  3. Windows 8 Media Player

Kesimpulan

AIMP sendiri memang masih bukan yang terbaik dari yang terbaik jika dibandingkan dengan music player lain. Misal pada hardware spesifikasi rendah AIMP akan terasa membebani kinerja processor jika equalizer diaktifkan, tetapi sebanding dengan suara yang dihasilkan. Namun AIMP menawarkan melebihi dari software music berbayar, Winamp Pro harus membayar sekian dollar untuk dapat menggunakan semua fitur Winamp. Walau AIMP sepenuhnya gratis tetapi fitur-fiturnya mampu bersaing dengan software player berbayar. Sebagai penutup fitur-fitur khas AIMP yang lainya Anda dapat pahami disini.
Selanjutnya
« Pos Selanjutnya
Sebelumnya
Pos Sebelumnya »