[Review] ASUS ZenPower : Powerbank Handal dan Mutakhir

Powerbank, perangkat cadangan daya yang mulai trend dibarengi dengan memuncaknya popularitas android. Menurut pengamatan saya 50% pengguna smartphone memiliki powerbank, sebagian dari mereka ada yang menggunakan powerbank HAMPIR setiap hari. Hal itu wajar saja karena kebutuhan dan kapasitas baterai gadget berbeda-beda.

Mungkin Anda sebagai pembaca menganggap hal itu sah-sah saja, tetapi bisa juga ada yang beranggapan lebih baik isi ulang daya langsung dari sumber listrik. Kedua anggapan itu benar dan bergantung pada powerbank yang digunakan, hal itu berdasarkan fitur keamanan yang tersedia pada powerbank.
Fitur dasar yang dapat membenarkan kedua pernyataan tersebut yakni :
  • Input OVP (Over Voltage Protection) dan OCP (Over Charge Protection)
  • Output OVP dan OCP
  • Short protection (arus pendek)
Jika fitur dasar tersebut ada pada powerbank, bisa dikatakan sudah cukup aman untuk 'menopang' daya gadget Anda. Tetapi ada juga yang mengatakan gunakan power bank saat tertentu saja karena powerbank dayanya mudah drop. Pernyataan itu juga benar, karena ada powerbank yang menggunakan cell baterai dengan kualitas rendah.

Pada posting ini saya akan mereview ASUS ZenPower dan pengalaman saya menggunakanya.

ASUS ZenPower


Bentuk yang ringkas menyerupai panjang dan lebar kartu kredit, dibalut dengan casing alumunium dengan desain warna yang berkilau membuat Anda tetap bisa bergaya, dan ketahanan konektor USB hingga 5000 kali pemakaian yang artinya bertahan normal selama 4.5 tahun, dengan pemakaian 3 kali setiap harinya. ZenPower walau terlihat seperti powerbank konvensional, tetapi fitur dan perfomanya pantas menjadi solusi powerbank Anda.

Dengan cell baterai asal Jepang panasonic kualitas terbaik, sudah tidak perlu diragukan lagi. Berkepasitas 10.050mAh (3,6volt) dengan kecepatan isi ulang yang tinggi (2,4 Ampere) membuat gadget cepat terisi cepat bagaikan mengisi ulang melalui sumber listrik langsung. Dilengkapi juga dengan 11 fitur proteksi, menghindari gadget dan ZenPower dari kerusakan dan membuat umur ZenPower lebih panjang dari powerbank pada umumnya.

ASUS ZenPower dengan Fonepad (ME371MG)


Akhirnya fonepad saya mendapatkan penopang dayanya yang tepat, tidak hanya merknya saja yang sama. Tetapi berdasarkan yang saya rasakan kecepatan isi ulang dayanya yang berbeda dari powerbank milik saya sebelumnya (hanya 1 ampere). Dengan ZenPower, fonepad dapat terisi hingga 90% hanya dalam waktu +-105menit. 

Sedangkan untuk mencapai angka 100% membutuhkan sekitar 120menit (seperti pada gambar). Dengan kapasitas baterai fonepad sebesar 4270mAh dan dukungan input 2 ampere. Tetapi sayangnya dukungan untuk mencharge lebih cepat dibatasi oleh input fonepad yang hanya sebesar 2 ampere sedikit dibawah output yang ditawarkan sebesar 2,4 ampere.

Pengalaman yang menarik dari ZenPower adalah suhunya yang tidak terlalu panas saat mengisi ulang gadget tetapi tetap beroperasi dengan optimal. Dengan demikian proses isi ulang dapat kita lakukan didalam kantung celana atau baju lebih nyaman karena panas yang lebih rendah.

Juga dengan adanya dukungan-dukungan fitur lain yang membuat saya merasa aman menjadikan ZenPower sebagai solusi cadangan daya yang primer.





Sebagai penutup, sedikit review mengenai fitur JEITA protection. Fitur yang cukup jarang ditemui powerbank pada umumnya, menjaga dan memonitori suhu pada powerbank sehingga saat dalam operasional tidak membuat panas berlebih dan sangat menguntungkan bagi umur powerbank sendiri yang mampu bertahan hingga 1,8 kali lipat lebih lama dari powerbank biasa. 

Hal tersebut tentu saja sangat menguntungkan untuk penggunaan jangka panjang, yang biasanya tidak sampai 300 kali penggunaan powerbank biasanya sudah mengalami penurunan kapasitas daya tampung baterai yang signifikan. Itu berarti kabar baik untuk saya juga karena dapat mencharge fonepad hingga penuh lebih dari 500 kali siklus.


Selanjutnya
« Pos Selanjutnya
Sebelumnya
Pos Sebelumnya »

1 komentar:

Klik Disini Untuk komentar
Unknown
admin
Tuesday, June 09, 2015 4:31:00 PM ×

Woww 😍😍

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar