ZenFone 2 ZE550ML vs Entry Class Notebook ?

Siapa yang tak kenal dengan logo diatas ? Dahulu pamornya pada perangkat "pangkuan kaki" atau perangkat yang membantu pekerjaan "dimeja" (sebut saja laptop), kali ini sudah melejit jauh hingga menjadi primadona di genggaman tangan masyarakat luas.

Siapa sangka, merk tersebut sudah membuat merk ternama dan legendaris kualahan bersaing dengan ASUS ZenFone.

Pada kali ini saya akan coba mengungkap salah satu ponsel besutan ASUS yang ternyata perfomanya hampir mengungguli noteobook keluaran terkini dan jelas sudah menggungguli notebook terdahulu.

ASUS ZenFone 2 ZE550ML


Kali ini saya tidak akan berbasa-basi membahas macam fitur yang ditawarkan si ZE550ML. Pembahasan kali ini lebih tertuju pada kekuatan dibalik perfomanya yang kekinian dan alasan kenapa bisa dikatakan perfomanya melebihi notebook terdahulu.

Mari kita mulai !

Intel Atom Z3560



Ini kan cuma intel atom !! (mungkin begitu isi pikiran pembaca)

Tunggu dulu, intel atom sudah banyak peningkatan dari seri terdahulunya, bahkan puluhan kali lipat lebih baik dari seri terdahulu yang tertanam pada notebook.

Dengan frekuensi 1.83 GHz (burst/ kinerja maksimal), cache L1 total 224KB (128KB instruction + 96KB data), cache L2 total 2MB dengan jumlah 4 inti (core).

Kita dapat melihat sekilas spesifikasi berdasarkan "tulisan" sudah sangat menyerupai CPU (central processing unit) komputer/ notebook. Dengan dasar tersebut saya berani bandingkan dengan salah CPU notebook sekelas yang katanya jagonya kalau buat gaming.

Andaikata intel atom Z3560 ini adalah CPU komputer, tentu sudah lebih dari cukup untuk menjalankan program kantor (office), editing grafis ringan (corel), editing video ringan (movie maker), bahkan hingga dibuat memainkan game PC !!

Gaming ? Hampir lupa, GPU/ pemroses grafis bawaan Z3560 adalah PowerVR G6430

PowerVR G6430

Dengan GPU berteknologi tinggi tersebut, ternyata memiliki perfoma diatas salah satu GPU sebut saja AMD 8180. Wow... Tentunya juga diatas GPU PC terdahulu bukan ?

(daftar GPU urut berdasarkan perfomanya bisa dilihat disini)

(PowerVR G6430 vs AMD 8180, daftar filer diaktifkan agar sekedar menampilkan GPU ditahun-nya)
Siapa sangka bukan ? ASUS ZenFone 2 ZE550ML yang hanya digenggaman tangan tersebut sudah memiliki perfoma yang "maksimal banget". Tidak hanya itu, GPU ini sudah mendukung pula teknologi DirectX 10, OpenGL 3.x, 4.x, OpenGL ES 3.0.

Kalau sekedar angka saja saya kira kurang memuaskan mungkin. 

Kali ini kira-kira game PC apa yang bisa dimainkan oleh GPU milik ZE550ML. Sebelumnya saya ambil patokan game yang bisa dimainkan oleh Intel HD Graphics Bay Trail dari daftar diatas. 

Kenapa bukan AMD Radeon HD 8180 ? Karena game yang diulas hanya sedikit.

PowerVR G6430 vs Intel HD Graphics (Bay Trail)


Jika Intel HD Graphics (Bay Trail) bisa memainkan game seperti gambar diatas maka PowerVR G6430 milik ZE550ML juga bisa dong. Bahkan jika berdasarkan patokan gambar tabel diatas, malahan si PowerVR G6430 lebih tinggi diatas Intel HD Graphics (Bay Trail), tidak hanya itu tentu jauh diatas AMD HD Radeon 8180 bukan ?

Asik dong, kabar gembira kini aktivitas gaming sudah bisa dilakukan hanya pada genggaman tangan, game sekelas PC (menengah) pula.

Intel Z3560 vs E2-7110

Saya memilih AMD E2-7110 sebagai tandinganya karena yang paling mendekati dan E2-7110 ini adalah CPU notebook gaming entry class terbaru.

Pada bagian ini, coba kita tantang CPU Intel Z3560 ini "melawan" CPU AMD E2-7110. Perbandingan dilakukan berdasarkan nilai (score) aplikasi benchmark. Terlihat seperti gambar-gambar hasil perbandingan perfoma dibawah tersebut bahwa perfoma Z3560 dan AMD E2-7110 berbeda kira-kira 5-10% saja.

(untuk hasil benchmark AMD E2-7110 sumbernya disini untuk Intel Atom Z3560 disini)

Octane V2

AMD E2-7100




























VS

Intel Z3560





























Mozilla Kraken 1.1 (semakin rendah semakin baik)

AMD E2-7110





























VS

Intel Atom Z3560































Geekbench 3 - 64 Bit Multi-Core Score

AMD E2-7110





























VS

Intel Atom Z3560

















Geekbench 3 - 64 Bit Single-Core Score

AMD E2-7110














VS

Intel Atom Z3560






























Kesimpulan

Ternyata jika dilihat dari hasil angka generik perbandingan, ZenFone 2 ZE500ML layak sekali menjadi sebuah PC menengah-kebawah. Dengan perfomanya yang sudah pas-pasan untuk aplikasi kantoran dan gaming menegah-kebawah yang cukup menjamin. Tentu ponsel besutan ASUS ini bukan sembarang ponsel dengan perfoma yang sungguhan hampir menandingi notebook terkini dan sudah terbukti menandingi notebook terdahulu.

Siapa sangka ponsel harga 2jutaan ini punya kelebihan yang sedemikian rupa. Belum lagi dilengkapi dengan kedalaman resolusi layar HD, ROM internal 16GB, RAM 2GB, dan kamera depan 13MP (Autofocus, Dual-LED (dual tone), Geo-tagging, Touch focus, Face detection, Panorama, HDR) serta kamera belakang 5MP juga kapasitas baterai 3000mAh.

Masih nggak yakin kalau sekarang PC (perfoma) sudah ada digenggaman tangan saja ?

Penutup

Opini saya : Sudah saatnya ASUS menginovasikan agar smartphone bisa dihubungkan dengan layar dan dapat dioperasikan seperti PC.
Selanjutnya
« Pos Selanjutnya
Sebelumnya
Pos Sebelumnya »