Mengecilkan Ukuran MP3 dengan Winamp



Tentunya sangat mengasikkan apabila ponsel kita bisa menampung banyak musik mp3 yang bisa kita dengarkan setiap saat. Namun ada kalanya kapasitas memori stik yang kita gunakan sangat terbatas. Agar dapat muat lebih banyak salah satu cara adalah dengan mengubah format mp3 ke mp4(m4a). Dengan format mp4(m4a) ini maka ukuran filenya akan lebih kecil dengan kualitas suara yang tidak terlalu jauh berbeda. Salah satu software yang dapat dipergunakan untuk merubah mp3 ke mp4(m4a) adalah dengan Winamp.
Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Install Winamp versi 5
2. Buka Winamp kemudian masukkan lagu2 yang akan Anda akan rubah ke Winamp Playlist
3. Di Winamp Playlist pilih salah satu atau semua file yang akan dirubah, kemudian klik kanan
4. Pilih Send To: Format Converter
5. Akan muncul popup mengenai Format Converter Configuration
6. Destination folder pilih sesuai keinginan Anda
7. Encoding format pilih: MP4/aacPlus (HE-AAC) Encorder v1.26
8. Di aacPlus Encorder Option, bitrate pilih 96 kbps biar suara masih lumayan bagus (agar ukuran file lebih kecil lagi bisa juga dipilih 64 kbps, namun suara juga akan berkurang kualitasnya)
9. Klik OK, maka Winamp akan mulai merubah mp3 tersebut.

Saya mencoba merubah mp3 Letto - Sebelum cahaya. Sebelum dirubah ukurannya 3,7 mega setelah dirubah ukurannya menjadi 2,8 mega. Berkurang +-1 mega. Agak lumayan juga bukan. File m4a ini tentunya hanya bisa bisa diputar di ponsel yang mendukung format m4a. Saya test di SE W810i, bisa diplay dengan baik dan suaranya juga cukup lumayan.
Selamat Mencoba.
Selanjutnya
« Pos Selanjutnya
Sebelumnya
Pos Sebelumnya »