Antivirus ter-ringan 2014

Siapa yang mau korbankan kinerja komputasi hanya untuk keamanan ? Mungkin sudah wajar jika dijawab tidak ada. Tidak ada kan orang yang mau korbankan perfoma keseluruhan PC/ laptop yang membuat kinerja penggunaan terganggu. Tetapi bagi berbagai kalangan terutama perusahaan pasti rela korbankan perfoma mereka untuk software keamanan agar data mereka aman dari peretas.

Tetapi bagaimana dengan pengguna umum atau biasa. Misal sudah PC/ laptop kita membeli dengan spesifkasi pas-pasan masih juga dihantui dengan masalah serangan malware. Tentu saja dengan terpaksa install software pengamanan. Tetapi mungkin yang muncul dibenak anda, kalau begitu sebaiknya cari antivirus yang ringan penggunaan resources saja biar tidak mengganggu perfoma secara drastis atau bisa jadi mencari tips agar antivirus favorit kita berjalan tanpa terlalu membebani sistem.

Pada kali ini akan saya berikan rekomendasi berdasarkan pengalaman sendiri tentang antivirus yang cukup ringan dalam kebutuhan sumber daya sistem-nya, tentunya antivirus keluaran tahun 2014 atau tren 2014.

Berikut nama antivirus yang masuk daftar ringan, versi penulis :

#1 Antivirus teringan yang berdasarkan pengalaman saya sangat ringan (bawaan sistem operasi windows8). Windows Defender terdapat versi yang berbeda yang bawaan windows 7 dan bawaan windows 8. Keduanya sudah berbeda sangat jauh dalam keamananya sekalipun. Antivirus ini berani saya rekomendasikan dalam hal keamanan dan efektifitas sumber daya sistem pada windows 8 sedangkan milik Windows 7 keamananya menurut saya cukup lemah. Karena faktanya Windows Defender pada windows 8 sebenarnya adalah microsoft security essentials yang hanya diubah namanya dan dibuat lebih baik.

#2 Antivirus yang ringan hampir sama-dengan windows defender. Tetapi antivirus ini sedikit lebih berat pada Windows Defender milik Windows 7. Sedangkan pada windows 8. MSE (microsoft secuirty essentials) adalah Windows Defender bawaan windows defender yang namanya dirubah. Tentu saja antivirus ini tergolong ringan dan keamananya cukup baik untuk menangkal malware.



#3 Antivirus tidak hanya sekedar ringan tetapi sudah lengkap dengan keamanan lain termasuk proteksi jaringan dan proteksi lebih extended. Antivirus ini tidak saya nomor satukan karena berbayar. Powerfull dan ringan ESET jadi pilihan anda untuk spesifkasi PC/ notebook yang pas-pasan. Tentu saja tidak se-ringan MSE dan Windows Defender karena fiturnya lebih banyak.






#4 Antivirus yang tersedia versi gratisanya. Tetapi menurut pengalaman saya anti-malwarenya masih dibawah ESET. Tetapi beberapa fitur pengamanan seperti deepscan adalah untuk menjalankan software dalam karantina layaknya membatasi software dalam aktifitas mencurigakan sehingga meminimalisir serangan malware diam-diam. Tetapi tetap saja sensitifitas akan malware tetap dibawah ESET dan antivirus besutan microsoft (MSE dan windows defender).


#5 Yang terakhir termasuk dalam daftar teringan versi saya adalah Avira Free Edition. Walau tidak seringan antivirus yang diatas. Tetapi sensitifitas avira berdasarkan pengalaman tetap yang terbaik. Karena software semacam cheat engine saja terdeteksi virus (dulu kala). Tetapi walau sangat baik dalam scan malware, avira masih tergolong 'agak berat'. Terasa pada spesifikasi PC/ notebook yang 'pas-pasan' terutama saat startup windows. Bagi sebagian orang yang pernah saya amati merasa sedikit lebih berat memang load Windowsnya.




Kesimpulan

Sekian saja daftar anvirius teringan tahun 2014 versi saya. Walau tidak ada bukti diatas tapi hanya berdasarkan pengalaman tertulis saja. Meskipun masih ada beberapa yang sama ringanya tetapi saya belum test dan sementara ini yang diatas yang namanya sudah sejak lama terkenal. Untuk yang terbaik bagi sistem anda saya tidak berani tentukan. Itu semua kembali kepada pilihan anda. Apakah anda hobi download, browsing, cracking softarware, dan lingkungan perusahaan. Semua pilihan bergantung pada anda. Sebagai penutup saya akan coba beri rating (versi saya) kepada antivirus diatas.

Rating antivirus


  • Avira (Free Edition) :
    Sensitiftias (setting bawaan) 5/5
    Penggunaan resources 3/5
    Fitur 3/5
    Deteksi malware asing 5/5
    Waktu booting windows 3/5
    Tampilan antarmuka 4/5
    Kecepatan scan 4/5
  • Avast (Free Edition) :
    Sensitiftias (setting bawaan) 3/5
    Penggunaan resources 5/5
    Fitur 5/5
    Deteksi malware asing 3/5
    Waktu booting windows 4/5
    Tampilan antarmuka 5/5
    Kecepatan scan 3/5
  • ESET (NOD32 Antivirus) :
    Sensitiftias (setting bawaan) 4/5
    Penggunaan resources 4/5
    Fitur 5/5
    Deteksi malware asing 4/5
    Waktu booting windows 5/5
    Tampilan antarmuka 4/5
    Kecepatan scan  4/5
  • Microsoft Security Essentials :
    Sensitiftias 4/5
    Penggunaan resources 5/5
    Fitur 2/5
    Deteksi malware asing 5/5
    Waktu booting windows 5/5
    Tampilan antarmuka 2/5
    Kecepatan scan 5/5
  • Windows Defender (Windows 7) :
    Sensitiftias 3/5
    Penggunaan resources 5/5
    Fitur 2/5
    Deteksi malware asing 3/5
    Waktu booting windows 5/5
    Tampilan antarmuka 2/5
    Kecepatan scan 5/5

  • Windows Defender (Windows 8.x) :
    Sensitiftias 4/5
    Penggunaan resources 5/5
    Fitur 3/5
    Deteksi malware asing 5/5
    Waktu booting windows 5/5
    Tampilan antarmuka 2/5
    Kecepatan scan 5/5
Selanjutnya
« Pos Selanjutnya
Sebelumnya
Pos Sebelumnya »

2 komentar

Klik Disini Untuk komentar
Hendrik
admin
Thursday, April 24, 2014 9:55:00 AM ×

Saya pakek avast soB, tapi memang ada kelemahannya juga seperti mendelete file tanpa permisi dulu. :)

Reply
avatar
Saturday, April 26, 2014 6:37:00 PM ×

bisa disetting sob avast biar disimpen disangkar atau nunggu pilihan user :D

Reply
avatar