Cara Membuat Folder Kebal dari Virus

Apakah anda pernah bertemu dengan folder bernama "Δ Smad-Lock (Brankas Smadav) Δ", folder yang dibuat oleh antivirus kebanggaan Indonesia SMADAV. Jika anda perhatikan betul-betul folder tersebut kebal terhadap virus, memang sudah fiturnya begitu (sejak SMADAV versi 8.1) dan didalam folder tesebut juga ada file text yang berisi keterangan bahwa folder tersebut kebal terhadap virus.

Tahukah anda rahasia dibalik folder tersebut ?

Sangat simple rahasianya, yaitu penamaan folder dengan karakter simbol (unicode simbol) contoh simbol "Δ" pada folder smad-lock. Umumnya virus belum dirancang untuk memasuki dan memanipulasi data yang ada didalam folder tersebut. Sehingga keamanan file yang ada didalam folder tersebut lebih baik, tetapi tidak ada jaminan akan selamanya aman teknik tersebut. Penamaan tersebutlah yang dimanfaatkan oleh tim progammer SMADAV untuk membuat folder kebal virus, yang sebenarnya hanya membuat virus 'melewati' untuk menyerang folder tersebut.

Bagaimana cara membuat folder yang penamaanya dengan simbol ?

  1. Buat folder atau rename folder
  2. Tekan alt+(angka bebas pada numpad keyboard, biasanya pada keyboard laptop tidak ada, angka boleh hingga 3 digit)
  3. Jika anda merasa kesulitan atau kurang suka dengan simbolnya atau anda pengguna laptop tanpa keyboard full. Anda dapat gunakan 'Character Map' software bawaan windows, anda bisa temukan lewat search distart menu pada windows 7 dan search melalui Metro UI windows 8 sedangkan windows xp anda bisa temukan pada Start Menu - Programs -Accessories - System Tools.
  4. Lalu copy dan paste ke kotak nama folder yang ingin 'amankan'.
*Anda juga bisa gunakan bahasa (non-unicode), misal korea, arab, rusia, jepang, dan lain lain. Saya sarankan ditambahkan dengan simbol agar lebih powerfull. Anda dapat gunakan google translate untuk mendapat tulisan bahasa yang anda inginkan.

Ada kekuranganya ?

Dalam beberapa kasus folder yang sudah diberi kemanan tersebut terkadang file yang ada didalam folder tersebut tidak dapat dieksekusi (file dengan ekstensi .exe), tentunya dalam beberapa kasus. Begitu pula file dokumen, misal word, excel dan powerpoint. Dalam kasus ini anda bisa mengeluarkan file yang ingin dieksekusi atau dibuka dari folder tersebut. Dalam kasus tertentu dalam men-save dokumen terkadang tidak bisa disave, anda dapat gunakan fitur 'save as' pada program dokumen tersebut dan simpan diluar folder bersimbol.
Selanjutnya
« Pos Selanjutnya
Sebelumnya
Pos Sebelumnya »