Merubah Kecepatan Modem 3G (AT Command)


Kecepatan modem merupakan penentu kualitas pengalaman seseorang dalam berinternet. Tidak jarang provider internet hanya dinilai berdasarkan kecepatanya. Terutama dalam lingkup internet mobile yang mampu bersaing dengan internet kabel, di Indonesia sendiri yang internet mobilenya masih menjadi solusi utama dikalangan masyarakat menengah.

Diposting kali ini, akan dibahas cara men-setting kecepatan modem 3G. Lebih tepatnya pengaturan kecepatan yang diakses modem atau penurunan (modem umumnya sudah diset kecepatan tertinggi). Penurunan kecepatan ini berfungsi menstabilkan kecepatan, bilamana jaringan sedang sibuk. Contoh jaringan DC-HSPA 42 Mbps tidak stabil, disetting menjadi maximal HSPA 21 Mbps saja atau lebih rendah lagi.

AT^HSPA (AT Command untuk mensetting kecepatan)


Sedikit tentang AT Command, AT Command adalah perintah untuk mengkonfigurasi perangkat mobile maupun modem yang dikembangkan oleh Dennis Hayer, untuk lengkapnya bisa dibaca disini. Salah satunya adalah AT^HSPA . Digunakan untuk mensetting jaringan HSPA. Menurut pengalaman saya, perintah AT^HSPA tersebut tidaklah mutlak persis seperti yang dijelaskan disini

Dalam kasus modem yang saya gunakan, Huawei E3276. Perintah AT^HSPA dapat diisi dengan angka 0-5 (digambar 0-7 tetapi hanya sampai 5 setelah saya coba), artinya tidak semua modem sama. 

Untuk E3276 :
at^hspa=0 - wcdma (atau artinya mematikan fungsi hspa)
at^hspa=1 - hsdpa
at^hspa=2 - hspa-mode
at^hspa=3 - hspa + mode
at^hspa=4 - hspa + mode (43Mbps)
at^hspa=5 - dc-hspa (43Mbps)
*berbeda-beda setiap modem
**untuk merasakan perubahan setting, lakukan konek ulang koneksi atau cabut-pasang modem Anda

Software yang saya gunakan adalah MMD X yang dapat didownload DISINI. Untuk menggunakanya bisa dilihat digambar. Dengan mengklik tombol usb dan selanjutnya menuliskan perintah AT^HSPA="angka yang support dimodem Anda".

Jika modem tidak mendukung bisa mencoba command AT^HSDPA atau AT^HSUPA dan tetap menggunakan angka setelah tanda "=".

Hasil speedtest E3276

(AT^HSPA=1)

(AT^HSPA=2)

(AT^HSPA=3)

(AT^HSPA=4)

(AT^HSPA=5, sepertinya setting 4 & 5 sama, kebetulan jaringan DC-HSPA sedang tidak terjangkau, sehingga mengalami ketidakstabilan)

Kesimpulan

Speed maksimal modem jika tidak disesuaikan dengan jaringan operator yang memadai maka akan mengurangi kenyamanan pengalaman berinternet, terutama kestabilan kecepatan. Walaupun speed diturunkan tidak dipungkiri lagi, justru bisa menstabilkan kecepatan bahkan meningkatkan kecepatan. Teknik AT Command ini sangat membantu juga bila modem beroperasi dalam suhu tinggi jika disetting dalam kecepatan tertingginya, maka dengan cara ini suhu juga dapat diturunkan.
Selanjutnya
« Pos Selanjutnya
Sebelumnya
Pos Sebelumnya »