Cara Memilih dan Mematikan Update Windows 10


Akhirnya sistem operasi Microsoft yang 'terakhir' ini telah rilis. Sebagian user yang sudah melakukan reserve akan terupdate dengan sendirinya begitu juga bagi yang mendownload secara manual (disini) sudah bisa melepas rasa penasaran mereka terhadap OS yang dikabarkan gabungan Windows 7 dan Windows 8 ini.

Banyak fitur termutakhir dan tentunya segalanya terasa lebih instan dengan Windows 10. Namun tidak menutup kemungkinan dengan adanya 'kekurangan' pada OS ini, yakni salah satunya fitur auto-update yang aktif menyala tanpa pemberitahuan user.

Sejatinya, auto-update dibiarkan selalu hidup memang tidak masalah, tetapi tidak menutup kemungkinan adanya update yang masih terdapat bug (bermasalah) atau user tidak menghendaki update tersebut. Dengan demikian auto-update yang 'sukar' dimatikan ini mungkin menjadi kontroversi bagi sebagian user yang sangat sensitif dengan kecepatan internet, tetapi bagi pengguna internet mobile auto-update tidak bekerja.

Cara mematikan Auto Update Windows 10


Membiarkan auto-update menyala memang untuk kebaikan user agar perangkat selalu termutakhirkan. Tetapi apa jadinya jika terpadat bung seperti yang dimuat dalam forbes.com (masalah security dan driver). Dikatakan terjadi konflik terhadap fitur multi-tampilan dan update security windows yang membuat explorer bermasalah. Tentu hal itu kita harus antisipasi, rekomendasi dari saya sendiri adalah mematikan auto-update dan melakukan update manual pada waktu PC tidak digunakan dalam keadaan penting. Tetapi bug tersebut bisa dikatakan jarang terjadi, tetapi jika tidak mengganggu aktifitas ada baiknya tetap aktifkan auto update.

Untuk menggunakanya Anda cukup mendownload file yang saya lampirkan berikut DISINI. Untuk cara penggunaanya bisa dilihat dari file yang saya lampirkan.

(Sumber wdfshare)


Cara memilih Update Windows 10


Tidak semua update dibutuhkan oleh pengguna dan juga dikarenakan akan membebani ruang hardisk jika semua update terinstall. Microsoft ternyata sudah mengantisipasi keluhan tersebut dengan menyediakan tool troubleshoot yang dapat kita download pada situs resminya DISINI atau DISINI. Tentu saja cara ini akan efektif jika kita mematikan auto update terlebih dahulu.

Cara penggunaanya bisa dilihat sebagai berikut :

(tampilan awal)

(proses cek update)

(pilih antara sembunyikan (hide) update atau pulihkan (show) update yang disembunyikan)

(pilih yang akan disembunyikan)

(menunggu proses hidden)

(selesai, dan jalankan windows update seperti biasa)

(sebaliknya, jika ingin memulihkan update tersembunyi seperti gambar tersebut)


Cara menonaktifkan notifikasi UPGRADE Windows 10 (tambahan)

Sebagai tambahan, karena kemungkinan judul posting saya mengarah kepada pengguna yang belum ingin melakukan upgrade ke Windows 10 atau ingin melakukan upgrade secara manual. Berikut saya berikan tutorialnya.

  1. Download file yang dibutuhkan DISINI
  2. Klik kanan file "Block Windows 10 update" dan pilih Run As Administrator
  3. Tunggu hingga selesai
Dengan demikian Anda terbebas dari notifikasi upgrade Windows 10.

Selanjutnya
« Pos Selanjutnya
Sebelumnya
Pos Sebelumnya »

3 komentar

Klik Disini Untuk komentar