Cara Menghemat Data Android dan Memperlancar Browsing


Penggunaan layanan data internet pada Android sudah merupakan kebutuhan dasar bagi pengguna smartphone. Smartphone sendiri tidak bisa lepas dari kebutuhan data yang terus-menerus, aplikasi chat dan social media contohnya yang memerlukan koneksi secara real time. Sama halnya dengan pengguna smartphone dewasa ini yang juga sudah cukup haus dengan kebutuhan koneksi internet pada smartphone mereka, imbasnya penggunaan data yang tinggi tentunya.

Peningkatan kebutuhan data mungkin sudah wajar, karena banyak orang sudah lebih memilih mengerjakan 'pekerjaan' online melalui smartphone dan meninggalkan PC, yang jika dihitung-hitung layanan internet broadband lebih murah dengan akses data tidak terbatas. Sayang sekali, layanan data internet yang ditawarkan operator umumnya berbasis quota sedangkan untuk paket unlimited kerap kali kurang menjanjikan juga mahal.

Dengan demikian tentu kita harus bijak memanfaatkan quota yang kita beli, berikut beberapa aplikasi yang bisa menekan penggunaan data hingga 90% bahkan bisa mempercepat koneksi internet.

Opera Max


Salah satu aplikasi pengolah data yang WAJIB bagi pengguna android. Tidak hanya sebagai penghiutng statistik penggunaan data pada smartphone. Melainkan juga mampu menekan data (compress) sehingga quota lebih irit.

Dikutip dari google play pada aplikas Opera Max, disitu tertulis :
"Opera Max menghemat data, memperpanjang rencana data Anda dan memberi Anda kendali yang tak tertandingi atas konsumsi data ponsel. Aplikasi pengelola data & penghemat data ini menghemat penggunaan data 3G / 4G / LTE dan Wi-Fi hingga 50%. Hemat data dengan mengompresi video, foto, dan media di aplikasi dan situs web favorit Anda melalui jaringan seluler dan Wi-Fi - tanpa penurunan kualitas yang tampak. Opera Max juga membantu menghemat baterai dan data dengan memungkinkan Anda memblokir aplikasi yang berjalan di latar belakang tanpa sepengetahuan Anda. Anda juga dapat menggunakannya sebagai pengelola Wi-Fi, untuk kendali yang lebih baik atas apa yang dilakukan aplikasi Anda di latar belakang ketika tersambung dengan Wi-Fi."
Bagi yang ingin segera mencobanya bisa kunjungi google play  atau situs resminya.

Aplikasi ini bekerja dengan memanfaatkan server opera untuk melakukan compress data setelah itu baru data tersebut dikirim ke smartphone.

(Cara kerja Opera Max)

Opera Mini


Aplikasi yang tidak asing ini dan juga sudah cukup legendaris ini, ternyata mampu menekan data android hingga 90%. Hanya saja dikhususkan untuk browsing. Dengan browser ringan ini tentu membuat browsing lebih lancar dan tidak menutup kemungkinan hemat daya. Untuk lebih menghemat data lagi, bisa mengganti kualitas gambar menjadi low tentu saja membuat gambar yang ditampilkan akan terlihat pecah. 

Pengalaman penulis sendiri, sempat tidak percaya karena memang benar-benar hingga 90% data yang dihemat (lihat gambar).

Untuk mencobanya bisa kunjungi google play atau situs resminya,

Namun dibalik kehandalanya menghemat data, opera mini ini tidak dapat menampilkan animasi, video dan menjalankan javascript dengan sempurna akibatnya beberapa situs tidak bisa diakses maksimal. Jika dihitung-hitung sesuai dengan harga yang dibayarkan. Opera mini tentu tidak direkomendasikan sebagai browser utama, mungkin lebih tepatnya browser darurat yang membutuhkan akses cepat dan data irit.

Bagi yang merasa kurang nyaman menggunakan opera mini, bisa juga menggunakan opera. Tetapi penghematan data jauh dari opera mini. Untuk mencobanya kunjungi google play atau situs resminya.

Google Chrome


Browser yang cukup tren ini, ternyata juga bisa menghemat penggunaan data. Walaupun tidak sehandal opera, namun lumayan membantu. Browser chrome merupakan browser yang dikabarkan terbaik didunia saat ini, dikarenakan kompabilitasnya yang multi-platform dan engine pengolah data web yang bagus pula, tentu saja hal tersebut bisa jadi alasan beberapa pengguna yang membaca postingan ini untuk tidak beralih ke opera. Menghemat dengan chrome bisa dijadikan pilihan terutama bagi yang sangat sensitif dengan penurunan kualitas situs yang dibuka.

Namun tunggu dulu, fitur penghemat data pada chrome ternyata tidak langsung aktif. Untuk mengaktifkanya bisa dengan membuka menu settings - Data Saver - lalu geser panel menjadi "on".

(penghematan data pada chrome milik penulis)
Selanjutnya
« Pos Selanjutnya
Sebelumnya
Pos Sebelumnya »