Meningkatkan Produktivitas Hidup dengan Any.do



Begitu cepat tren berganti, tidak terasa pengguna PC pun menggunakan smartphone mereka untuk mengolah agenda, memo, bahkan digunakan untuk mengetik (menggantikan word pada PC). Penggunaan smartphone memang dirasa sangat efisien, bisa disebut juga smartphone bagaikan 'penghianat' PC, karena kehadiranya membuat seolah-olah kebutuhan utama yang dahulu pada PC sekarang tidak lagi.

Tetapi, terkadang karena terlalu asik berduaan dengan smartphone. Terkadang lalai dengan tugas atau agenda yang padahal sudah dicatat sendiri smartphone. Terkadang pada kasus beberapa orang, malahan yang diagendakan pada smartphone sama sekali tidak terjamah malahan hanya menjadi tulisan semata.

Katanya, membuat agenda akan meningkatkan produktiv. Betul, namun tergantung pribadi masing-masing orang dan dapat mengontrol penggunaan smartphone.

Bagaimana cara meningkatkan produktivitas dan selalu ingat dengan agenda ?

Any.do


Salah satu aplikasi agenda bertagline "good day every day" ini saya gunakan sebagai pembantu organisir agenda karena memiliki fitur yang cukup unik. Salah satunya agenda akan selalu muncul di notification bar, uniknya Anda tidak dapat menghilangkanya sebelum Anda menandainya sebagai "tugas yang sudah selesai" atau completed.

(kapanpun, Anda diingatkan)


Notification bar sendiri yang paling banyak dilihat, tentunya akan strategis jika agenda Anda selalu tampil disitu.

Any.do tergolong simpel penggunaanya. Cukup ketik jadwal Anda selanjutnya lalu tentukan kapan waktunya Anda akan diingatkan dan ketika sudah waktunya, maka tanda semacam alarm akan muncul di bagian bawah layar Anda, sangat membantu tentunya.

Any.do : Widget


Tampilan widget pada layar beranda yang simple dengan material design nya, cukup menarik. Tepatkan widget any.do dilayar beranda Anda dan genggam hari Anda.

Cukup sentuh simbol + untuk menambah agenda baru Anda atau simbol mikrofon untuk membuat agenda dengan perintah suara.

Pada widgetnya, akan ditampilkan agenda "hari ini", "besok", "akan datang", dan "suatu hari nanti".

Tentu saja, ukuran widget tersedia berbagai pilihan menentukan selera Anda dan kecocokan dengan layar gadget Anda.

Any.do Moment


Salah satu fitur yang unik, menampilkan agenda-agenda Anda "hari ini" dan sedikit dibumbui animasi, sangat menarik. Anda juga dapat menunda agenda yang mungkin dirasa bukan "hari ini" diselesaikanya dengan mudah.

Any.do moment sendiri muncul setiap hari pada jam 06.00 (default) dan berdasarkan hari yang Anda tentukan sendiri. Tentu saja Anda bebas mengatur Any.do moment versi Anda sendiri.

Penutup

Berdasarkan pengalaman saya menggunakan aplikasi agenda yang lain, saya merasa ada yang kurang. Rata-rata aplikasi agenda hanya membunyikan alarm pada waktu yang ditentukan untuk mengingatkan agenda, tetapi any.do menggandakan pengingatnya pada lokasi strategis yakni notification bar.

Any.do juga tersedia dalam berbagai platform dan secara otomatis jika Anda mempunyai lebih dari 1 perangkat, semua agenda Anda akan tersinkronkan dengan mudah asalkan Anda menggunakan akun any.do yang sama.

Selanjutnya
« Pos Selanjutnya
Sebelumnya
Pos Sebelumnya »