Mengaktifkan Smooth Scrolling pada Google Chrome

smooth scroll pada chrome

Menghidupkan smooth scrolling google chrome tentunya membuatnya lebih terlihat modern dan lebih keren, terutama bagi yang hobi membaca artikel panjang pada suatu website. Tentu pengalaman membaca lebih asik. Entah men-scroll chrome dengan tombol keyboard, mouse atau touchscreen, smooth scroll jelas memberi kesan tersendiri jika di aktifkan.

Chrome sendiri kenyataanya menyimpan banyak tweaks yang bisa "dimainkan" tapi karena sifatnya yang masih experimental jadi hanya user tertentu saja yang tau, terutama bagi para antusias atau pengembang.

Memang dengan mengaktifkan beberapa fitur experimental ini perfoma dan pengalaman browsing bisa meningkat, tapi perlu diketahui juga memiliki kelemahan maka itu dinonaktifkan untuk pengguna biasa.

Aktifasi Smooth Scrolling

Pada chrome terdahulu implementasi smooth scrolling tidak bekerja maksimal, sempat dihilangkan pada beberapa versi google chrome. 

Menurut saya sendiri fitur tersebut tidak bekerja maksimal pada PC berspesifikasi minimal atau rendah sehingga menyebabkan lag.Tetapi sekarang opsi tersebut sudah muncul kembali namun aktifasi dilakukan secara manual.

Mau langsung coba ?

  1. Buka browser google chrome-mu dan ketikkan chrome://flags/#enable-smooth-scrolling pada address bar.
  2. Maka nanti akan langsung terarah ke smooth scrolling. Untuk mengaktifkanya cukup klik "Enable".
  3. Text linknya akan berubah dari "Enable" ke "Disable" dan tombol "Relaunch Now" akan muncul dibawah, Klik lah maka google chrome akan restart dan smooth scrolling akan aktif.

Sekarang, rasakan perbedaanya. Scrolling pasti jauh lebih lembut dari sebelumnya. Namun, bila tidak menyukainya bisa dinonaktifkan langsung dengan membuka lagi chrome://flags/#enable-smooth-scrolling pada address bar.
Selanjutnya
« Pos Selanjutnya
Sebelumnya
Pos Sebelumnya »

1 komentar:

Klik Disini Untuk komentar
Friday, May 18, 2018 3:08:00 PM ×

Makasih gan infonya sangat membantu, jangan lupa mampir di blog ane ya gan di http://www.oxamds.blogspot.com jangan sombong gan kunjungi aja emang blog nya masih baru dan mungkin jelek menurut agan tapi saya cari visi tir yang mau menilai blog saya

Congrats bro Danik Saputro you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar