Jenis-jenis Software


Perangkat lunak komputer adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan koleksi program komputer, prosedur dan dokumentasi yang melakukan beberapa tugas pada sistem komputer. Istilah meliputi software aplikasi seperti pengolah kata yang melaksanakan tugas-tugas produktif bagi pengguna, software seperti sistem operasi, antarmuka dengan perangkat keras untuk memberikan layanan yang diperlukan untuk aplikasi perangkat lunak, dan middleware yang mengontrol dan mengkoordinasikan sistem terdistribusi.

Kegunaan sistem komputer membagi sistem perangkat lunak menjadi tiga kelompok utama: perangkat lunak sistem, perangkat lunak pemrograman dan perangkat lunak aplikasi, meskipun perbedaan adalah sewenang-wenang, dan sering kabur.



Perangkat lunak 'sistem' (OS) membantu menjalankan hardware komputer dan sistem komputer. Ini mencakup sistem operasi, device driver, alat diagnostik, server, sistem windowing, utilitas dan banyak lagi. Tujuan dari software sistem adalah untuk melindungi aplikasi programmer sebanyak mungkin dari rincian kompleks komputer tertentu sedang digunakan, terutama memori dan fitur perangkat keras lainnya, dan perangkat aksesori seperti komunikasi, printer, pembaca, menampilkan, keyboard, dll



Pemrograman perangkat lunak (software pengembang) lunak biasanya menyediakan alat untuk membantu programmer dalam menulis program komputer dan perangkat lunak menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda dalam cara yang lebih nyaman. Alat termasuk editor teks, compiler, interpreter, linker, debugger, dan sebagainya. Sebuah lingkungan pengembangan Terpadu (IDE/ Integrated development environment ) menggabungkan alat tersebut ke dalam bundel software, dan programmer tidak perlu mengetikkan beberapa perintah untuk mengkompilasi, penerjemah, debugging, pelacakan, dan lain-lain, karena IDE biasanya memiliki antarmuka pengguna grafis canggih, atau GUI.





Aplikasi perangkat lunak memungkinkan pengguna akhir untuk mencapai satu atau tugas lebih spesifik (terkait non-komputer). Aplikasi yang umum termasuk otomatisasi industri, perangkat lunak bisnis, perangkat lunak pendidikan, perangkat lunak medis, database, dan game komputer. Bisnis besar mungkin pengguna perangkat lunak, tapi hampir setiap bidang kegiatan manusia sekarang menggunakan beberapa bentuk aplikasi perangkat lunak. Hal ini digunakan untuk mengotomatisasi segala macam fungsi.


Dan lihat saja tak sedikit orang jaman sekarang yang menggali ilmu dan potensi untuk bisa mengembangkan bahkan membuat software-nya sendiri.
Selanjutnya
« Pos Selanjutnya
Sebelumnya
Pos Sebelumnya »