[Pro-Kontra] Pentingkah Windows Update ?


Biasanya Windows update itu penting karena mereka memutakhirkan perbaikan bug dan kerentanan (memperbaiki seperti IE Windows Media Player Outlook dll serta OS itu sendiri) dalam sistem, Hal ditandai sebagai penting seperti patch keamanan harus dipasang secepatnya. meskipun mereka tidak membawa fungsi baru tapi membuat sistem yang up to date.

Sebagian besar update windows adalah untuk salah satu dari berikut:1) Memperbarui perangkat lunak2) Pembaruan Kritis (Sebuah Perbaikan dirilis untuk masalah yang kritis bagi pengguna ditemukan)3) Hot Fix (Sebuah rilis beberapa Perbaikan untuk masalah)4) Security Update (Pembaruan pada kekebalan virus / spyware ancaman TERBARU)5) Versi terbaru dari paket layanan (Pada seri windows tertentu dan update ini cukup membuat perubahan yang agak terlihat)





Pro :

Sebagai pengguna rumahan (Home-User), mungkin update Windows dirasa kurang dibutuhkan bahkan terkadang dianggap membuat resource hardware menjadi semakin terbebani.
Ya !! Memang benar itu faktanya yang saya rasakan. Tapi itu belum tentu terjadi diPC lain, ingat karena setiap PC memiliki komposisi software dan hardware yang berbeda. Jadi Windows Update memang benar memberatkan pengguna biasa (beda halnya perusahaan besar).

Kendala lainya muncul dikalangan pengguna PC kelas low-end, ini juga yang saya rasakan setelah mengupdate windows boot-up system menjadi 1/2x lebih lama durasinya !!

Opini mengatakan "terkadang setelah saya lakukan update terhadap Windows PC menjadi tidak stabil dan terkadang sering restart", YA !! Benar sekali, seperti yang saya katakan setiap PC itu berbeda.

Intinya janganlah update PC anda jika anda sedang menggunakanya sedang serius atau waktu luang terbatas. Software keamanan dan perawatan yang sudah terinstall diPC terkadang itu sudah sangat cukup.
Bagaimana dengan masalah kecil/ bug pada UI Windows ?? Silahkan baca ke 'Kontra'.

Kontra :

Windows Update mutlak diperlukan! Mereka tidak hanya memberikan update keamanan, mereka juga menambal masalah dan memberikan update untuk program Windows dan driver. Namun, biasanya cukup untuk hanya men-download dan menginstal update penting (jika merasa kurang penting).

Dan ya, beberapa Windows Update telah diketahui menyebabkan masalah, tapi saya tidak berpikir mereka menyebarkan virus. Anda menangkap bahwa di tempat lain! Perhatikan kebiasaan browsing Anda dan download, melakukan update perangkat lunak Anda secara teratur, terutama browser Anda.

Jika Anda secara teratur men-download Torrents ilegal, mengunjungi semua situs yang Anda tidak ingin orang lain tau :D, dan menggunakan perangkat lunak lama yang tidak diketahui pembuatnya atau kurang meyakinkan yang belum terlihat update dalam beberapa bulan atau tahun, maka Windows Anda sangat mungkin untuk terkena malware. Saya tidak mengatakan bahwa update harus Anda lakukan, saya hanya mengatakan bahwa perilaku ini akan meningkatkan resiko untuk Windows.

Apakah manfaatnya hanya untuk alasan keamanan ?? Tentu saja tidak !! Microsoft tentu saja bekerja keras untuk membuat sistem operasi mereka se-optimal mungkin. Bisa saja update yang mereka 'suguhkan' berbentu driver atau peng-efisiensian software mereka. Tentu ini sangat membuat user semakin nyaman dengan Windows.
Selanjutnya
« Pos Selanjutnya
Sebelumnya
Pos Sebelumnya »