[TIPS] Diagnosa Permasalahan Hardware Komputer


Ketika PC Anda berjalan dalam keadaan tidak sewajarnya dan Anda telah pupus harapan lalu melakukan tahap akhir pada umumnya yaitu memformat komputer Anda dan melakukan install ulang dari awal. Ini kemungkinan besar hanya sekedar menyelesaikan masalah perangkat lunak, menghapus virus atau kendala lain dan memberikan Anda awal yang bersih dan perfoma yang mulus. 

Tapi apa yang terjadi jika PC Anda telah diformat ulang dan masalahnya masih ada?
Ini berarti, kemungkinan besar, Anda memiliki kesalahan hardware. 

Dari sinilah masalah mungkin muncul...

Mendiagnosis permasalahan hardware komputer bisa menjadi kendala yang tepat sebagai salah satu komponen komputer bisa penyebabnya. Kecuali Anda berniat untuk mengganti seluruh hardware yang bermasalah, tetapi berhati-hatilah jangan salah 'vonis' dengan hardware yang masih sehat.

Saya akan menyarankan Anda melihat komputer didalam area utama untuk dianalisis dan biasanya area ini 'terkadang' yang muncul masalah
  1. Memori / RAM 
  2. Power Supply 
  3. Hard Disk 
  4. Motherboard 
  5. VGA, discrete (opsional, bila menggunakan)

Ini bukan daftar definitif lengkap, jelas tergantung pada masalah Anda yaitu jika masalah Anda adalah bahwa Anda tidak mendengar suara dari speaker maka bisa menjadi masalah sound card, sama jika Anda tidak mendapatkan tampilan grafis maka bisa pelakunya adalah VGA (kartu grafis) . Jika itu adalah kesalahan acak maka salah satu diatas bisa menjadi penyebabnya. 


Memori/ RAM - ini untungnya cukup mudah untuk didiagnosis. Cari di Internet untuk tester memori atau gunakan tools bawaan windows 7. Umumnya dapat dimasukkan ke CD bahkan USB (atau Floppy jika Anda terjebak di masa lalu!), Boot dari CD yang kemudian lakukan boot via cd dan jalankan program uji memori. Siklus diagnosa memori akan terus berjalan, pengujian memori terhadap kesalahan atau error. Adalah bijaksana untuk meninggalkan ini selama beberapa jam atau bahkan lebih baik dari malam hingga pagi hari. Ini akan memberitahu Anda jika memori memang benar-benar bermasalah. 
*Tetapi perlu diketahui bahwa permasalahan yang terjadi pada memori (RAM) sangat jarang ditemui. Tetapi mungkin terjadi dan mungkin ide baik jika komputer lekas menyala normal, bisa lakukan test memori.


Power Supply - ini bisa menjadi yang ter-aneh. Orang-orang biasanya menganggap bahwa apabila catu daya (PSU/ powersupply) bermasalah maka komputer Anda akan tidak bisa hidup sama sekali. Hal ini terkadang tidak benar. Saya pernah mengalami memiliki komputer yang mati pada waktu acak atau tiba-tiba, komputer yang menunjukan lampu indikator hidup, tapi tidak dapat hidup dan lain sebagainya bahkan telah berubah menjadi rongsokan - saya akan menyarankan ini harus menjadi salah satu hal pertama yang anda karena terkadang menjadi salah satu problematika yang berat. Pengujian bisa sulit tanpa peralatan yang tepat. Satu-satunya cara adalah untuk mendapatkan tester volt dan periksa tegangan dan arus keluar.

*Tidak direkomendasikan pengguna biasa/ pemula melakukan tindakan perbaikan karena bisa jadi biaya lebih mahal dan resiko gagal diperbaiki tinggi, ada baiknya membeli PSU yang harganya terjangkau hanya untuk sebagai test bahwa komputer anda hanya bermasalah pada PSU 




Hard Disk - ini dapat menjadi salah satu masalah terburuk jika hardisk mulai bermasalah atau keadaan terburuk mati total tiba-tiba, kecuali Anda telah antisipasi dan melakukan backup data secara teratur, tentu saja data paling berharga bagi Anda, Anda akan kehilangan semuanya. Hard disk bisa bermasalah kapan saja dan biasanya Anda akan mendengar bunyi yang keras mengklik suara yang berasal dari komputer Anda (pada kasus tertentu). 

Jika hal ini terjadi Anda perlu (mungkin) mengganti hard disk dengan yang baru. Carilah seseorang ahli yang kemudian tahu apa yang mereka lakukan pada kasus ini untuk mencoba dan memulihkan data yang lama untuk Anda jika memang anda belum sempat melakukan penyelamatan data.
*Permasalahan pada hardisk biasanya juga terjadi akibat arus listrik yang tidak stabil dan buruknya kualitas PSU. Juga kurangnya perawatan komputer secara hardware maupun software.

Jika tidak ada di atas memecahkan masalah Anda, maka Anda mungkin bisa melihat kesalahan yang dengan motherboard atau kartu addon (VGA, sound card, dan sebagainya) atau perangkat tambahan yang tertancap pada board komputer anda. Lepas segala sesuatu untuk meminimalisir atau memperbaiki kesalahan yang hanya sangat dasar. Lepas semua kartu suara (dan lain lain) dan semua perangkat PCI lain yang tidak penting. Jika Anda memiliki lebih dari satu keping ram kemudian lepaslah dan gunakan hanya satu dan lihat apakah masalah terpecahkan. 

Sungguh, pemecahan masalah hardware pasti ada kasus trial and error sehingga perlu meluangkan waktu untuk menguji semuanya. Ingatlah bahwa bahkan jika keyboard atau mouse rusak, hal-hal aneh bisa terjadi pada komputer, jadi jika Anda bisa, cobalah untuk melepas dan menguji setiap hardware.  Bahkan pengalaman saya hanya melepas semua hardware usb yang tertancap PC hidup kembali.
Selanjutnya
« Pos Selanjutnya
Sebelumnya
Pos Sebelumnya »