Apa Penyebab Hard Drive Bersuara bersisik (bising) ?


Ada beberapa suara yang mungkin Anda tidak pernah/ jarang didengar. Di atas sana dalam daftar adalah suara aneh yang muncul dari hard drive/ hard disk. Mungkin seperti suara tergores, menggiling, atau berderak kebisingan berarti pasti ada masalah (tapi dalam beberapa kasus tidak). Sebelum kita meneliti apa yang mungkin menyebabkan suara tersebut, ada yang perlu diutamakan. Jika Anda belum memiliki cadangan data (backup) saat ini, hal pertama yang harus Anda lakukan, mulai dengan file data yang paling penting. Jika Anda segera membackup ketika Anda pertama kali mendengar suara aneh, Anda memiliki kesempatan yang sangat baik untuk sepenuhnya back up data sebelum hard drive sepenuhnya rusak.

OK, sekarang kita memiliki cadangan kita dapat mencoba dan memecahkan masalah penyebab kebisingan ini datang dari hard drive Anda. Hard drive memiliki beberapa bagian yang bergerak. Piringan/ platter (di mana data disimpan dan dibaca) berputar pada kecepatan yang luar biasa diukur dalam RPM. Bahkan hard drive pada saat ini kecepatan terendah berjalan setidaknya 5400 putaran per menit. Poros yang ada para dudukan piringan berputar pada kecepatan tersebut. Kemudian Anda memiliki dinamo/ motor servo yang menggerakkan perangkat yang membaca piring-piring yang terus-menerus bergerak dari tepi luar menuju pusat.

Semua ini bagian yang bergerak dapat aus dan mulai membuat suara-suara. Anda tidak bisa benar-benar mengganti bagian-bagian interior karena biaya dan metodenya yang rumit sehingga satu-satunya pilihan adalah untuk menggantikan hard drive. Seperti yang saya sebutkan di atas, jika Anda segera bertindak segera setelah Anda mendengar suara bising pertama kali, hard drive Anda mungkin bertahan sedikit lebih lama. Banyak hard drive keluaran baru terdapat dengan perangkat lunak bawaan yang dapat dengan mudah mentransfer seluruh isi drive Anda ke drive yang baru.

Solusi

Memindahkan seluruh data adalah penghemat waktu yang sangat besar karena Anda tidak perlu menginstal ulang sistem operasi dan aplikasi perangkat lunak lainnya. Dan ada banyak potongan-potongan data lainnya seperti email, buku alamat, Browser Favorit, dan bahkan password atau pengaturan jaringan. Anda tidak pernah menyadari betapa banyak hal-hal yang Anda miliki di komputer maka jangan sampai Anda kehilangan itu. Memindahkan seluruh data jauh-jauh hari lebih mudah dan Anda tidak akan kehilangan apa-apa.

Jika harddisk tidak memiliki fungsi atau perangkat lunak bawaan tersebut, ada beberapa perangkat lunak yang baik yang dapat Anda beli untuk melakukannya (backup). Yakni ada Acronis Migrate 7 dan dapat digunakan untuk membuat image backup juga. Tentunya masih ada banyak software lainya diluar sana.

Untuk mengganti hard drive Anda, ada aspek-aspek tertentu dari hard drive asli (pertama) Anda yang mungkin perlu Anda periksa untuk memastikan yang baru mirip (memadai). Umumnya seseorang meningkatkan ukuran dan kecepatan hard drive baru tentunya untuk performa yang lebih baik dan penyimpanan data yang lebih banyak. Katakanlah Anda memiliki 250GB hard drive, yang berjalan pada kecepatan 5400 RPM yang mungkin anda pikir akan rusak karena mendengar suara aneh. Anda dapat dengan mudah mendapatkan 500GB hard drive yang berjalan pada 7500 RPM, tentunya hal tersebut ide yang bagus karena jelas lebih cepat berputar, semakin cepat Anda dapat menyimpan dan mengambil data.

Jadi, jika Anda mendengar kebisingan pada hard drive, segera tentukan waktu untuk bertindak. Semua data Anda segera backup terlebih dahulu. Kemudian secepat Anda bisa, membeli penggantinya. Ini akan menjadi masalah kecil. Tapi jika Anda mengabaikan kebisingan hard drive, saya jamin Anda akan memiliki masalah yang lebih besar dan mungkin kehilangan beberapa data penting.

Tetapi dalam kasus tertentu suara-suara seperti dinamo mainan mobil-mobilan atau sebagainya terkadang tidak berdampak apa-apa pada hard drive anda, ada yang berpendapat itu adalah hal yang wajar untuk hard drive 'tua'. Tetapi saya tentu saja saya tetap sarankan anda segera lakukan tindakan.

*Untuk postingan mengenai Acronis Migrate Easy (sekaligus download) Anda dapat lihat DISINI
Selanjutnya
« Pos Selanjutnya
Sebelumnya
Pos Sebelumnya »