[Review] AMD TrueAudio, Pengalaman Multimedia yang lebih nyata


Dalam dewasa ini pasti terdapat unsur kompleks multimedia yang didalamnya terdiri dari teks, suara, gambar,animasi, audio dan video.
Lalu bagaimana dengan GAME ? Tentu saja game juga mempunyai unsur itu tapi yang lebih ditekankan dalam animasi dan efek-efek didalam game, jaman semakin maju tentu saja unsur didalam game dibuat se-realistis mungkin, sebagai contoh judul game yakni GTA V, Tuscany, Far Cry 3 dan Thief.

Dalam perkembanganya grafik animasi dalam game terbilang cukup signifikan yang bisa membuat pemain atau gamers dapat merasakan atmosfer game secara lebih nyata. Tetapi ada satu komponen yang dirasa perkembanganya stagnan (berhenti/ kaku) yakni audio. Meskipun jarang diperbincangkan dalam dunia games tetapi jelas audio merupakan salah satu komponen yang tidak bisa lepas dari yang namanya games, karena perananya yang jelas membuat laju permainan terasa lebih realistis. Walau demikian para pengembang belum tanggap mengenai masalah improvisasi efek audio dalam game yang mereka ciptakan hal ini ada kaitanya dengan kebiasaan pemain 'kurang peduli' dengan audio, jelas disebabkan pengalaman audio setiap orang berbeda-beda. Jauh beda dengan grafis yang umumnya dapat dilihat secara langsung maupun tidak langsung dan umumnya persepsi orang sama.

AMD TrueAudio



Sebagai solusi, AMD berinovasi untuk memperkuat atmosfer audio agar menjadi realistik dan mempertegas bahwa audio dalam juga punya peranan penting. Secara singkat AMD TrueAudio adalah sebuah hardware untuk akselerasi pemrosesan audio tentu saja kalkulasi efek audio daripada yang dikerjakan oleh CPU. Hardware (TrueAudio) ini dapat ditemukan pada die produk AMD yang muncul sejak tahun 2014. AMD mengklaim, beberapa efek audio menggunakan hingga 14% dari kinerja keseluruhan CPU.

Pada post ini disertakan juga garis besar TrueAudio dari situs resmi AMD yang sudah diubah dalam bahasa Indonesia.

Jadi AMD TrueAudio adalah ...........

Bagaimana AMD TrueAudio menghilangkan kendala pada pengembang (developer) audio

Teknologi AMD TrueAudio adalah semua tentang memberikan engineer kebebasan untuk mengikuti imajinasi mereka terhadap audio dan lebih powerfull untuk membuat game mereka terdengar realisits seperti yang terlihat (grafis). 
Berikut adalah beberapa fitur yang membuat semua hal itu mungkin :
  • Sebuah prosesor sinyal digital khusus (DSP) dibangun dengan inti GPU AMD. Merupakan komposisi besar dan kuat dari kekuatan pemrosesan yang dilakukan hanya untuk menghasilkan soundscapes yang  immersive. Itu tidak hanya mengaktifkan fitur audio baru dan menarik dalam permainan; itu juga menghemat siklus CPU yang dapat digunakan untuk tugas-tugas lainnya.
  • Efek suara yang Programmable membawa audio yang sama fleksibilitas yang progammable shaders diintegrasikan ke grafis (GPU). Pengembang game tidak terjebak dengan efek yang tidak fleksibel lagi. Mereka sekarang memiliki fleksibilitas untuk menciptakan efek yang kompleks dan lingkungan akustik.
  • Kanal suara lebih dan benda-benda audio yang berarti pengembang game tidak lagi memiliki tugas enak menentukan suara dibuang. Teknologi AMD TrueAudio mengalikan jumlah suara permainan dapat dihasilkan sekaligus, memberikan pengembang kemampuan untuk membuat jauh lebih hidup soundscapes-nya.
  • Lebih banyak channel voice and objek audio akhirnya tersedia pada semua platform, yang berarti programmer sekarang dapat membangun efek ini ke dalam permainan mereka daripada mengandalkan fitur reverb dasar. Jenis-jenis fenomena akustik dunia nyata yang dapat mudah direproduksi secara besar-besaran lebih besar.
  • Multi-channel spacialization membuat headset surround sound dengan algoritma audio yang posisional akurat untuk semua gamer;bukan hanya orang-orang dengan headset mahal dan bermerk.

Apa artinya bagi pemain/ gamer ?

Dengan memanfaatkan teknologi AMD TrueAudio, pengembang game sekarang memiliki kemampuan untuk menciptakan lingkungan akustik dengan ketepatan yang luar biasa, dan membawa mereka ke setiap game. Dengan teknologi AMD ter-populer "next-generation" platform game, termasuk PC, gamer di seluruh industri akhirnya akan menikmati audio terbaik teknologi saat ini yang ditawarkan.

Bagaimana Cara kerjanya ?


Salah satu cara kerjanya seperti yang dikatakan dan digambarkan pada gambar diatas. Jelas AMD TrueAudio memberikan kabar gembira bagi pengembang sekaligus gamers. Dituliskan bahwa budget usage CPU yang dialokasikan untuk audio cukup terasa maka dengan solusi dari AMD efek audio tidak akan menimbulkan dampak perfoma (dengan catatan sudah terpasang GPU AMD).

Keuntungan utamanya adalah bahwa bagaimanapun TrueAudio adalah upaya serius pertama yang hampir satu dekade untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas spasialisasi audio dan efek pada PC. Dengan kehadiran Windows Vista pengolahan audio menjadi menggunakan software, dan multi-platform (yaitu konsol port) menjadi semakin umum, membuat perkembangan audio PC mengalami kemunduran dalam dekade terakhir ini. Hal ini telah menyebabkan audio dalam game yang berkisar dari baik menjadi buruk, tetapi tergantung pada kemampuan stack audio yang digunakan dalam permainan. Yang terbaik dari game tertentu adalah menawarkan algoritma spasialisasi yang solid dan menggunakan usage CPU untuk mengerjakanya sementara yang terburuk pada game tertentu biasanya akan dioptimalkan untuk 2 dan 5,1 setup setting speaker.

Keuntungan yang sangat signifikan adalah bahwa gamers tidak perlu speaker atau headphone khusus untuk mendapatkan pengalaman TrueAudio dikatakan juga dengan perangkat audio mono juga tetap akan terasa efeknya tetapi akan lebih baik lagi jika anda menggunakan yang stereo. Mungkin sangat menguntungkan lagi bila anda memiliki konfigurasi speaker 5.1 atau lebih.
Mungkin bisa diilustrasikan sebagai berikut audio yang dihasilkan :
PC - Headphone/ Speaker (MONO) - Stereo (AMD TrueAudio)
PC - Headphone/ Speaker (STEREO) - Surround (AMD TrueAudio)
PC - Headphone/ Speaker (SURROUND) - Surround ? (AMD TrueAudio)

Meskipun anda bisa mendapatkan efek suara seperti ilustrasi diatas tetapi yang dihasilkan oleh AMD TrueAudio jauh dari yang anda bayangkan. Hasil proses audio yang lebih baik bahkan dengan speaker/ headphone konvensional pun anda dapat merasakanya.

Berikut contoh audio dalam game (yang sudah diproses TrueAudio) yang anda dapat langsung dengar dengan headphone anda sensasi AMD TrueAudio.

(sangat disarankan menggunakan headphone untuk pengalaman yang maksimal)

Kesimpulan

Dengan kedatangan AMD TrueAudio tentu saja masa depan audio digital menjadi terang. Maka bukanya tak mungkin kedepanya AMD TrueAudio tidak hanya untuk game saja namun untuk keseluruhan audio yang dihasilkan oleh semua perangkat berchipset AMD. Menurut saya kedatangan AMD TrueAudio menghapuskan rasa penasaran saya terhadap kualitas terbaik audio yang selama ini banyak software maupun hardware yang menawarkan solusi untuk meningkatkan kualitas audio. Terobosan solusi yang dibangkitkan kembali ini tentu saja akan berdampak baik bagi dunia multimedia terutama audio.

Dalam kasus ini AMD tidak hanya saja meningkatkan kualitas tetapi juga meningkatkan kuantitas audio yang dihasilkan jadi membuat pengalaman multimedia anda lebih kaya. Kelebihan yang sangat mencolok ditelinga adalah membuat ilusi audio yang meningkatkan kesan realisitisnya, sebagai contoh nyata, pengalaman anda bermain game FPS akan lebih baik karena akan mengetahui letak 'pasti' langkah musuh.
Selanjutnya
« Pos Selanjutnya
Sebelumnya
Pos Sebelumnya »