Windows 10 : Build 10525



Setelah rilisnya Windows 10 secara resmi dengan nomor build 10240, ternyata microsoft tetap tidak tinggal diam untuk menggenjot sistem operasi terbaru mereka ini. Windows 10 Insider pun tetap berjalan dan tetap update sebelum Windows 10 resmi rilis. Pada build terbaru Windows Insider ini, Microsoft ternyata sedang memfokuskan pada kinerja mereka yakni managemen memory yang lebih baik, sedikit pemerbaikan penampilan juga terlihat pada build ini.

Tittle Bar Lebih Berwarna


Pada build 10525 ini,kini warna tittle bar bisa diubah sesuai selera pengguna. Warna pada tittle bar ini, mengikuti warna pada taskbar, startmenu dan action center. Perubahan kecil ini membuat tampilan program yang berjalan pada windowed mode lebih hidup dan berwarna, tentunya sangat memudahkan mengetahui mana jendela yang aktif atau tidak aktif yang pada build resminya (10240) pewarnaan tittle bar sendiri kurang mudah dipahami untuk hal tersebut.

Managemen Memory Lebih Baik


Windows 10 memiliki managemen memory yang baik dasarnya. Pada build yang terbaru ini peningkatan management memory tersebut. Pada build ini management memory memiliki kemampuan untuk mengcompress pagefile dan jika memungkinkan memasukanya pada memory fisik. Tentu saja hal tersebut meningkatkan efisiensi dan waktu respon program lebih baik, daripada menuliskanya pagefile ke ruang disk yang jika sewaktu-waktu data pagefile itu dibutuhkan kembali maka mengaksesnya pun tidak secepat dari memory fisik. 

Dengan demikian Windows  mampu mengurangi penggunaan memory fisik (terutama pada aplikasi sistem) dan alokasi untuk program lain lebih baik, tentunya hal tersebut meningkatkan perfoma.

Akhir Kata

Windows 10 Insider bukan ditujukan untuk pengguna publik dan digunakan untuk sehari-hari. Tentu saja banyak kelemahan dan bug. Pada build 10525 ini, Mobile hotspot tidak bekerja, pemutar video membutuhkan ke aplikasi film & TV dan bahasa opsional belum tersedia lengkap. Kita tunggu saja update tersebut secara resmi agar dapat digunakan dengan stabil.

Selanjutnya
« Pos Selanjutnya
Sebelumnya
Pos Sebelumnya »