Baterai Tanam atau Baterai Lepas


Membeli smartphone baru merupakan hal yang menjadi sebuah dilema terutama bagi mereka yang berkebutuhan khusus, seperti untuk bermain game atau berbisnis. Berbagai dilema mulai dari spesifikasi, harga, dan merk sudah sewajarnya menjadi pertanyaan saat membeli smartphone apalagi bagi mereka yang pertama kali berencana membeli smartphone, sudah sepatutnya membeli yang terbaik bukan ? Berdasarkan budget dan kebutuhan tentunya.

Dilema anatara baterai tanam atau baterai lepaspun ternyata cukup menjadi prioritas pertama dalam pertimbangan pada orang tertentu. Salah satu pertanyaan yang mungkin pembaca sering dengar.

Manakah yang lebih baik, baterai tanam atau baterai yang bisa dilepas ?
Jawaban yang pasti adalah keduanya pada dasarnya sama saja, namun mari kita bahas lebih dalam lagi. Apa yang sebenarnya membedakan antara keduanya.

Berat keseluruhan Smartphone

Pembeda yang paling jelas adalah pada bahan 'pembukus' kedua baterai tersebut. Pada baterai tanam sendiri sedikit bahan metal yang digunakan dan bahan pembukus luarnya terbuat dari plastik. Sedangkan pada baterai lepas sendiri bahan 'pembukusnya' adalah logam dan karena menggunakan banyak logam tentu saja membuat baterai lepas solid dan lebih berat. Untuk cell baterai sendiri keduanya masih menggunakan Lithium-Ion. Namun jika ukuran juga bentuk pada baterai tanam dan baterai lepas disamakan, maka kapasitas daya lebih besar dan lebih ringan mengingat lapisan luarnya bukan logam. Kelebihan yang sangat terlihat pada baterai tanam adalah kemampuanya membuat vendor smartphone setipis dan seringan mungkin.

Faktor Penjualan : Smartphone dengan baterai lepas lebih mudah dijual lagi dan harga kemungkinan tinggi

Pertumbuhan penjualan smartphone dewasa ini sangat pesat, jaman sudah berubah sekarang semua umur pun sudah bisa menggunakan smartphone dengan mudahnya. Pertumbuhan ini membuat para produsen meluncurkan produk smartphone semakin cepat. Smartphone dengan spesifikasi terbaikpun bisa menjadi usang dalam waktu tertentu. Harga turun dan pengguna menjualnya karena ingin upgrade ke smartphone yang terbaru.

Alasanya sudah jelas bukan ? Orang akan cenderug membeli smartphone dengan baterai lepas, karena sekilas lebih meyakinkan juga alasan penggantian baterai yang mudah. Smartphone berspesifikasi tinggi dengan baterai lepas lebih berkemungkinan dijual lagi ketimbang dengan baterai tanam.

Kecelakaan tiba-tiba : Mana yang lebih kemungkinan selamat

Andaikata smartphone masuk kedalam air. Smartphone yang dengan baterai lepaslah yang jauh kemungkinan selamat. Tentu saja ketika masuk kedalam air, respon umum jika mengalami hal tersebut adalah mencabut baterainya untuk mencegah terjadinya arus pendek. Sebaliknya yang terjadi pada baterai tanam sendiri, perlu berbagai peralatan untuk melepas baterainya.

Penggantian baterai

Seiring berjalanya waktu dan lama masa pakai smartphone, tentu kapasitas baterai akan mengalami penurunan. Ada kalanya juga baterai menjadi drop dan sama sekali tidak layak digunakan. Penggantian baterai baru tentu saja mudah dilakukan pada smartphone dengan baterai lepas. Sebaliknya pada baterai tanam, Anda perlu pergi ke service center dan menunggu penggantian baterainya.

Mana yang lebih baik ?

Tidak ada yang lebih baik, vendor smartphone sendiri sudah menyesuaikan sesuai kebutuhan daya dan desain smartphone. Keduanya memiliki ketahanan yang sama dan kualitas yang sama, tentunya soal kualitas kembali lagi kepada vendor masing-masing.

Ada yang mengatakan, baterai tanam jauh lebih tahan lama masa pakainya. Statement tersebut kembali lagi kepada vendor bagaimana kualitas baterai dan komponen lainya juga cara penggunaanya. Pada kasus tertentu, tentu baterai tanam umur pakainya bisa lebih lama, mengingat penggantian baterai yang tidak mudah dan mahal. Perlu diketahui juga, kelemahan baterai adalah panas. Perlu dikondisikan saat mencharge smartphone sedang dalam kondisi tidak digunakan dan usahakan charge sebelum benar-benar habis.

Akhir kata, faktor pembedanya adalah sekedar kebutuhan vendor saja dalam mendesain smartphone mereka.
Selanjutnya
« Pos Selanjutnya
Sebelumnya
Pos Sebelumnya »

1 komentar:

Klik Disini Untuk komentar
Thursday, September 13, 2018 4:09:00 PM ×

ini yangs angat berguna min. nambah pengetahuan saya yang masih awam di dunia digital
https://www.bukalapak.com/p/elektronik/elektronik-lainnya/jp1ff8-jual-solder-uap-tangan-8032

Congrats bro LOVELYZ TRILOGY you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar