Membuat hotspot dengan laptop


Punya jaringan hotspot sendiri itu menyenangkan. Punya gadget banyak bisa disambungkan secara bersamaan tanpa harus bayar quota internet terpisah. Apalagi kalo rumah sedang ada acara kumpul-kumpul pasti tak jarang yang membutuhkan koneksi internet disaat itu, mungkin untuk upload foto, update status, bahkan menge-cek email.

Pada post kali ini akan saya bahas mengenai Soft-AP atau lebih dikenal virtual hotspot.
Pada situasi tertentu pasti anda ingin punya koneksi wireless yang terpancar dari hotspot pribadi (terutama kantor) karena jika misal anda sedang tidak menggunakan PC/ Laptop dengan internet kabel tak jarang anda ingin ber-internet dengan gadget lain misal ingin membuka facebook ditablet. Pasti cukup memberatkan juga jika harus membayar tagihan internet berganda.
Anda pasti berpikir dua kali jika ingin membeli wireless-router (dan bisa juga tambahan perangkat lainya) karena penggunaan jaringan wireless juga tidak sering.

Solusi-nya adalah membuat jaringan hotspot dengan perangkat wireless seadanya, bisa dengan laptop (yang sudah terintergrasi wifi) dan bisa juga wifi adapter (lebih murah daripada acess-point router).
Kenapa judul-nya dikhususkan untuk laptop ? Karena laptop sudah pasti ada adapter wireless-nya (keluaran pada 'jaman-nya')
Langkah-langkahnya tidak terlalu sulit hanya sekedar membutuhkan sedikit pemahan dan perangkat wireless/ laptop ada wifi-nya (tentunya yang support Soft-AP)


Cara membuat Soft-AP (virtual hotspot, Windows OS) :

  1. Aktifkan (hidupkan) dahulu wifi anda dan pastikan anda menggunakan akun administrator pada windows.
  2. Buka command prompt (run as administrator).
  3. Ketik-an netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid="Hotspot" key=hotspotku1234
  4. Lalu ketik netsh wlan start hostednetwork
  5. Setelah SoftAP hidup, sekarang saatnya memilih koneksi yang ingin dibagikan (misal modem) 
  6. Setelah semua yang langkah sebelumnya dilakukan dengan benar seharus-nya sudah bisa dikoneksikan dengan perangkat lain.
  7. Untuk mematikan fungsi ini ketikan dicommand promt netsh wlan stop hostednetwork
*KETERANGAN
ssid="hotspot" bisa diganti namanya selain 'hotspot'
key=hotspotku1234 bisa diganti dengan password lain yang anda kehendaki minimal 8karakter

ATAU

Jika anda merasa kerepotan harus menggunakan cara diatas anda bisa mendownload software buatan saya disini untuk penggunaanya harus run as administrator tiap kali dibuka (untuk lebih praktis, klik kanan file progam - properties - klik tab compatibility - beri centang pada  "run this program as this administor") dan
cukup gunakan tombol create hotspot 1x dan selanjutnya hanya gunakan start share dan stop share saja. Nama hotspot yang dibagikan (SSID) adalah hotspotNOW dan tidak menggunakan password.


Bisa juga anda menggunakan batch file yang bisa anda sesuaikan sendiri username dan password-nya dan anda bisa download disini . Sedikit penjelasan batch file harus dijalankan menggunakan run as administrator. Untuk mengganti password cukup mengedit file set_wifi.bat (dengan cara klik kanan - edit pada file) coba anda cermati screenshot dibawah ini cara mengedit file batch dengan tepat.


***Jika misalkan SoftAP tidak berjalan sewajar-nya atau tidak bisa sama sekali coba anda kunjungi ini. Disitu anda bisa menemui solusi yang mungkin cocok dengan kasus yang anda alami.
Selanjutnya
« Pos Selanjutnya
Sebelumnya
Pos Sebelumnya »

2 komentar

Klik Disini Untuk komentar
Thursday, January 30, 2014 6:36:00 AM ×

masih bingung saya gan,.saya ttp pakai modem jadul saya

Reply
avatar
Thursday, January 30, 2014 10:14:00 PM ×

Itu cuma untuk membagikan koneksi dengan cara berbagi lewat wireless (sistem-nya kaya hotspot).
Bahas ke fanspage kami saja gan :D

Reply
avatar