Debu, salah satu faktor yang memperpendek umur hardware komputer

Pembaca sebelumnya jangan abaikan satu hal penting pada post ini. Berdasarkan beberapa pengalaman saya sendiri, pernah power supply meledak dan komponen menjadi tampak seperti 'sampah' bila ingin dijual kembali.

Debu yang yang menempel memang tak bisa dihindari lagi bagi semua pengguna barang elektronik, tidak perlu elektronik lihat saja meja yang dipajang dijalan tidak laku pasti berdebu.

Umumnya pengguna PC yang waktunya padat atau kurang memperhatikan kesehatan PC-nya terkadang memberikan 'hadiah' yang sangat istimewa jika pada suatu hari dilakukan maintenance/ perawatan hardware. Jika kita menyerahkan pekerjaan pada orang lain mungkin kita tidak perlu banyak berpikir.
Namun bila kita lakukan secara mandiri, apakah anda akan batalkan niat untuk bersihkan PC anda ? Pada sebagian orang mungkin akan berdebat dengan pikiran mereka sesaat, saya berani jamin jika anda sudah mem-buka casing PC anda dan melihat keadaan penuh debu mungkin anda langsung membersihkanya atau jika anda batalkan niat anda maka anda akan terbayang bayang keadaan PC anda.
Jika itu PC karyawan/ kantor itu mungkin tidak terlalu membebani, tetapi bila PC pribadi anda rela, jika misal terjadi hal yang buruk hanya dikarenakan segumpalan debu ?

Pada post ini akan saya beri tips umum membersihkan PC dan mengurangi debu agar tidak menempel terlalu banyak.

Pertama-tama yang harus kita lakukan adalah mempersiapkan peralatan bersih-bersih yang layak digunakan untuk membersihkan 'jeroan' PC juga.
Contohnya seperti  :
  1. Kuas cat air atau kuas sejenisnya
  2. Vacum Cleaner
  3. Cotton-Bud (curekan telinga, mungkin lebih familiar :D )
  4. Obeng, bila perlu untuk membongkar casing PC dan power supply
  5. Masker, sangat disarankan bila anda tidak ingin flu atau bersin berulang kali
Saya sarankan sebelum pembersihan, sebaiknya anda melepas casing PC anda karena untuk meminimalisir debu yang tertinggal dan kabel yang mengganggu proses pembersihan.

Pembersihan pada motherboard

Setelah semua persiapan dilakukan, anda lalu membersihkan semua bagian termasuk yang tidak terlihat berdebu. Seperti motherboard yang nampak-nya tak berdebu ternyata setelah diamati sedetail mungkin akan terlihat ternyata debu-nya cukup banyak. Hati-hati saat membersihkan debu pada kapasitor dan IC yang ada pada motherboard karena terkadang jika terlalu kuat mengayunkan kuas komponen bisa bengkok. Pastikan anda sudah membersihkan semua bagian, perhatikan celah celah kecil pada bagian port USB, LAN, mouse, keyboard dan sebagainya. Biasanya jika tidak membersihkan sela tersebut menyebabkan karat kedepanya.

Pembersihan pada heatsink / kipas processor

Komponen pendingin ini merupakan pembuang panas utama pada processor, jika berdebu seperti yang digambar. Apakah sirkulasi panas yang ada logam dapat terbuang sempurna ? Jelas tidak, dari beberapa kasus PC yang overheat salah satu penyebabnya ada heatsink berdebu.
Disaat anda membersihkan heatsink sebaiknya lepaslah kabel fan dari motherboard dan lepas pengunci pada socket komputer agar lebih nyaman bersihkanlah terpisah dari moterboard dan berhati hatilah ketika anda kesulitan menarik heatsink padahal semua sudah dirasa terlepas perhatikan lagi dan pastikan, tetapi dibeberapa kasus sering didapati 'pasta' processor kering. Hal ini lah yang terkadang membuat heatsink sangat lengket ketika ingin dilepas. 
Jika hal ini terjadi tariklah heatsink perlahan (tetapi sedikit dipaksa) atau gunakan obeng untuk mencongkelnya, tetapi hati hati ketika menggunakan obeng karena daerah tersebut banyak komponen penting.

Pembersihan pada komponen lain

Yang saya maksudkan komponen lain, bisa VGA, RAM, hardisk, PCI card tambahan dan lain lain. Pada tahap ini ada baiknya anda melepas juga komponen dari motherboard dan jangan lupa untuk dibersihkan dengan kuas pada slot komponen yang dilepas.

Pada VGA/ PCI Card lainya, ada baiknya anda melepas fan/ heatsink-nya sekalian bila perlu (meningat bentuk heatsink tiap VGA berbeda). Lalu pada card lainya cukup cabut dan bersihkan slot-nya karena menurut pengalaman card tambahan merupakan komponen tidak rawan debu.

Pada hardisk, anda tidak perlu bingung komponen satu ini. Anda bahkan tidak perlu membersihkanya jika benar benar tidak diperlukan. Karena dapat dipastikan debu hanya menempel dibody-nya saja dengan sekali tiup atau dengan kuas sudah bersih.

Pada RAM, hampir sama seperti PCI card tambahan. Hanya lepas RAM-nya dan bersihkan slot-nya. Bila pada kaki-kaki RAM terdapat kotoran hitam yang menutupi kuningan anda bisa bersihkan dengan karet penghapus dan lakukan dengan hati hati.

Pembersihan pada Power Supply / PSU

Komponen satu ini paling rawan debu, terutama pada PSU dengan kualitas biasa. Sudah dipastikan bila keadaan sangat berdebu hingga lengket menyebabkan komponen ini meledak. Pengalaman saya meledak karena berdebu dan panas berlebih (karena debu).
Untuk pembersihanya kurang dianjurkan jika PSU anda masih dalam masa garansi, sebaiknya cek dulu label garansinya.
Pembersihan harus dilakukan secara hati hati karena perkabelan didalamnya biasanya rapuh akibat debu. Komponen satu ini terkadang yang menyebabkan kerusakan yang fatal pada komponen PC lainya bila PSU yang digunakan meledak atau tidak stabil fungsinya. Ya, pastinya karena debu.

Pembersihan pada casing

Pembersihan pada casing memang tergolong merepotkan, karena sela sela sempit terkadang disitulah pusat-nya debu. Tetapi secara keseluruhan casing paling mudah dibersihkan karena tidak ada komponen inti, hanya ada kabel I/O untuk USB, power, dan Audio Jack, umumnya begitu. Pada kasus tertentu ada yang casing-nya hingga berkarat. Bila sampai seperti itu ada baiknya mengganti-nya saja dengan yang baru untuk meminimalisir karat menyebar hingga motherboard.


Berikut tips-tips tentang pembersihan debu pada PC :

  1. Ketika membersihkan komponen chipset VGA, hindari menyentuh chipset-nya secara langsung karena menyebabkan listrik statis dan berdampak rusaknya chipset. Beberapa kasus seperti ini dialami beberapa orang setelah pembersihan PC lalu tidak mau dihidupkan PC-nya (VGA rusak)
  2. Ketika seleasi membersihkan heatsink/ fan processor dan VGA jangan lupa untuk memberi pasta baru pada chipset dan bersihkan dulu pasta yang lama. Pasta (thermal paste) adalah sejenis campuran yang dibuat untuk menutup celah kecil / jarak antara heatsink dengan chipset untuk memaksimalkan penghantaran panas.
  3. Untuk menghindari PC dari debu yang lengket dikemudian hari. Sebaiknya anda memberi PC disela sela casing dengan kapur baru/ penghisap oksigen. Agar kelembapan udara didalam casing PC terjaga dan tidak menimbulkan debu lengket bahkan karat.
Selanjutnya
« Pos Selanjutnya
Sebelumnya
Pos Sebelumnya »

2 komentar

Klik Disini Untuk komentar
Monday, January 27, 2014 5:56:00 AM ×

Saya termasuk yang malas membersihkan PC. Waduuuuh....

Reply
avatar
Monday, January 27, 2014 9:45:00 PM ×

gpp gan :D
asal daerah sekitar PC bener-bener dipantau tingkat debu-nya, sekali kali buka casing PC mungkin solusi terbaik

Reply
avatar