Menemukan hasil scan CHKDSK pada Windows 10

Kadang-kadang, ketika booting pada Windows 10, pengecekan disk otomatis berjalan. Tools bawaan yakni chkdsk.exe menjalankan cek file sistem untuk pendeteksi disk ada tidaknya error pada file sistem. 
ATAU
Pada kasus ketika Windows sudah selesai boot, pengguna menjalankan chkdsk manual dari menu properties pada disk. Tapi pada Windows 10 dan Windows 8, Microsoft menyembunyikan rincian penting tentang pemeriksaan disk jika cek disk dijalankan secara manual (via properties). Berikut adalah bagaimana Anda dapat melihat hasil rinci dari pemeriksaan disk.

Satu-satunya cara untuk melihat hasil chkdsk adalah membuka tools Windows Event Viewer. Pada Windows 7 dan semua versi Windows sebelumnya, jika beberapa error ditemukan pada sistem file, chkdsk akan berjalan secara otomatis, juga menunjukkan Anda hasil dan rinciannya. 
Pada Windows 10 dan Windows 8, hal seperti itu telah dihapus sebagai bagian dari upaya Microsoft untuk meningkatkan efsisiensi OS, sama halnya diperbaharuinya penampilan Blue Screen. Chkdsk, atau lebih tepatnya autochk.exe ketika berjalan saat boot sequence sekarang hanya menunjukkan persentase proses pengecekan. Jadi tidak ada cara untuk mengetahui jika tools tersebut menemukan error dan apakah reparasi atau koreksi dilakukan terhadap sistem file yang error tersebut.
Windows Event Log berisi segudang informasi tentang berbagai peristiwa yang terjadi pada PC Anda. Hal ini dapat membingungkan dan "menakutkan" bagi pengguna biasa. Tapi kita akan melihat bagaimana cara menavigasi dengan cepat dan hanya melihat hasil log yang diperlukan, dalam hal ini, hasil pemeriksaan disk. 
Ikuti langkah ini berikut :
  1. Buka menu Start -> All apps -> Windows Administrative Tools -> Event Viewer. Atau Anda cukup mengetik Event Viewer pada kotak pencarian.
  2. Dalam Event Viewer, rentangkan (klik2x) Windows Logs di sebelah kiri - Aplication:
  3. Pada panel task di sisi kanan, klik Filter Current Log ... dan masukkan 26226 dalam kotak ID event:
  4. Tekan OK dan Anda akan melihat hasil dari semua cek disk yang disimpan dalam log aplikasi
Trik ini berguna juga dapat dilakukan di Windows 8 dan Windows 7. Pada Windows 7, Anda bisa gunakan ID lain yakni - 1.001, sedangkan di Windows 8 dan Windows 8.1, 26.226, sama dengan Windows 10.
Selanjutnya
« Pos Selanjutnya
Sebelumnya
Pos Sebelumnya »