Cara Menyembunyikan File tanpa Software pada Windows

menyembunyikan file tanpa aplikasi


Dilihat dari judulnya mungkin agak sangsi. Apakah menyembunyikan file yang di hp atau komputer mungkin muncul dipikiranmu ketika melihat judulnya. Jawab saya, pada posting ini saya akan menjabarkan khusus untuk komputer.

Tepatnya pada platform windows. Untuk platform android bisa temukan pada posting dilink ini.

Menyembunyikan file tertentu mungkin menjadi kebutuhan beberapa orang. Misal dokumen rahasia, foto masa lalu yang menyayat hati tetapi belum ada keinginan untuk menghapusnya, atau sekedar ingin sekedar dilihat rapi pada galeri handphone Kamu.

Apapun tujuan menyembunyikannya sah-sah saja karena itu file sudah menjadi hak kita bukan ?Apalagi file yang harus dirahasiakan.

Sembunyikan File Pada Windows

Hidden File properties windows

Cara Pertama :

Seperti pada gambar diatas, mungkin sebagian dari pembaca sudah tidak asing dengan cara tersebut. Benar cukup klik kanan file yang ingin disembunyikan - beri ceklist pada "hidden" - Klik "OK".

Langkahnya :
  1. Klik kanan file - Properties
  2. Klik kolom kotak "Hidden"
  3. Klik "OK"
  4. Lalu refresh (tekan F5) untuk membuktikannya


File sudah tersembunyi, namun tetap dengan mudah terlihat hanya dengan mengubah setting pada "Folder Options". Ubahlah setting pada "Folder Options" jika ingin menampilkan file yang di hidden. Lakukan pengaturan seperti gambar diatas dan klik "OK", lalu file yang di "Hidden" akan nampak lagi.

*Folder Option bisa ditemukan di control panel atau ketikan kolom search pada start menu "Folder Option", pada Windows 10 "File Explorer Options"

Cara Kedua :

Cara yang ini mungkin sedikit "licik", karena mengelabuhi orang agar tidak bisa membuka file tersebut, tentu sejatinya bukan menyembunyikan file "fisiknya" tetapi membuatnya tidak bisa dibuka. Langkahnya padahal sangat simple, cukup rename ekstensi file dan selesai ! File tersebut tidak bisa dibuka atau mengubah ke ekstensi lain yang membuat seolah file tersebut rusak karena tidak bisa dibuka.

Langkahnya seperti berikut :
Ekstensi File pada Windows Folder Options


  1. Pastikan Setting seperti diatas, hal ini untuk memperlihatkan ekstensi dari setiap file
  2. Pilih file yang ingin diubah ekstensinya atau dihilangkan
  3. Rename ekstensi file yang ingin "dikamuflase" (ekstensinya saja)
  4. Contoh hasilnya seperti dibawah ini, file yang aslinya berekstensi ".txt" (berisi file text). saya ubah ke ".mp4" dan juga mencoba ubah tanpa ekstensi.

    Hasilnya, jika dibuka tentu tidak ada yang ditampilkan (kosongan) atau muncul opsi pemilihan program untuk eksekusi file (jika tanpa ekstensi)

ubah ekstensi file
tanpa ekstensi


ekstensi asli



Cara yang saya tuliskan hanya dasarnya saja. Padahal cara kedua ini bisa dikreasikan supaya yang orang yang mencoba-coba "membongkar" file yang dicurigai kewalahan. Misal dengan melakukan kompress file yang bisa juga diberi password lalu ubah ekstensinya tentu hampir mustahil ketahuan. 

Tetapi jelas akan memakan waktu karena "kerja dobel".
ubah ekstensi rar

Bagaimana kalau yang ingin disembunyikan itu folder ? Bisa dengan kompres file tersebut lalu ubah ekstensinya. Seperti diatas menjadi ".rar" setelah dikompress lalu hilangkan saja ",rar" atau ubah dengan ekstensinya lainya.

Cara Ketiga :

Caranya sama, namun seolah-olah lebih "tersembunyi". Dengan sedikit menggunakan "command prompt".

Langkah-langkahnya :
  1. Ketahui lokasi file yang ingin disembunyikan
    lokasi file
  2. Buka command prompt (bisa ketik di start menu "cmd" atau "command prompt")
  3. Setelah terbuka ketikan seperti gambar berikut dan sesuaikan lokasi dan file yang ingin disembunyikan. Sebagai contoh file tersebut ada di dekstop maka perintahnya adalah
    attrib +s +h "C:\Users\Aspire\Desktop\Rahasia.txt"
    perintah super hidden

  4. Selesai, untuk mencobanya silahkan refresh (atau tekan F5)
  5. Untuk mengembalikan atribut seperti semula tinggal ketikan perintah berikut
    attrib -s -h "C:\Users\Aspire\Desktop\Rahasia.txt"
Perintah tersebut untuk mengubah atribut file menjadi seperti file sistem yang memiliki atribut "super" hidden.

Untuk menampilakan file tersembunyi tersebut, caranya hampir sama seperti cara pertama hanya tambah satu lagi yakni hilangkan ceklis pada box "Hide Protected operating system files (Recommended)", seperti berikut
folder options super hidden

Selanjutnya
« Pos Selanjutnya
Sebelumnya
Pos Sebelumnya »