5 toolkit penting untuk kelancaran PC Anda


Menjadi pengguna PC antusiast pasti Anda sering menemukan beberapa masalah yang mempengaruhi kelancaran PC Anda . Kendala tersebut bertugas :D untuk menghambat kecepatan dan kinerja PC Anda . Pada sebagian besar kesempatan masalah ini kecil yang dapat ditangani dan diperbaiki tanpa memerlukan keterlibatan ahli PC profesional. Toolkit PC memainkan peran penting dalam mendapatkan Anda keluar dari kekacauan seperti itu karena mereka dirancang untuk membuat Anda lebih baik melakukan pekerjaan tersebut.

Dalam post kali ini Anda mendapatkan informasi penting tentang 5 toolkit PC seperti yang dapat membantu Anda memperbaiki sebagian besar masalah PC kecil atau rumahan. Dengan menggunakan ini Anda tidak hanya membuat komputer Anda melakukan kelancaran tetapi juga meningkatkan kecepatan dan kinerja (mengembalikan seperti baru dilakukan instalasi ulang)


Berikut dibahas adalah 5 toolkit penting untuk kelancaran komputer Anda :

Free Disk Defrag

Anda memerlukan alat ini ke atau sebagai toolkit Anda jika PC Anda adalah mengambil terlalu banyak waktu untuk boot ke desktop atau pembukaan dan pencarian file lebih lambat dari biasanya. Hal ini biasanya terjadi karena fragmentasi Hard drive anda. Ketika Anda terus memindahkan atau menghapus file untuk waktu yang lama, hal itu menyebabkan data bisa disimpan di berbagai bagian hard drive dalam potongan-potongan. Itu membuat sulit untuk PC untuk mengakses potongan-potongan terfragmentasi dan akhirnya berdampak pada kecepatan dan kinerja PC.

Hard disk defrag - sebaiknya software yang sudah handal adalah hal yang tepat untuk memiliki dalam toolkit PC Anda untuk menangani masalah tersebut. Disk defrag biasanya tool ringan dan efektif yang dapat defragment hard drive anda dan ruang yang jelas ditempati oleh potongan terfragmentasi file dan folder di seluruh hard drive. Selain itu, defrag disk juga dapat tempat strategis sistem file pada hard drive dari mana yang dapat diakses dalam waktu yang minimal. Seluruh proses defragmentasi disk berorientasi membuat kecepatan dan kinerja PC Anda lebih baik dari sebelumnya.

Tetapi tools bawaan windows tidaklah menuai hasil yang memuaskan mungkin hanya 50% (menurut saya) dampak defrag jika menggunakan bawaan.
***Perangkat SSD sebagai pengganti HDD tidak perlu lagi defragmentasi karena hanya akan memperpendek umur hardware tersebut, jadi lebih baik non aktifkan schedule defrag pada windows dan buanglah tools defrag SEGERA kecuali masih ada HDD sebagai cadangan.

Tools apa yang cocok untuk defragmentasi HDD ?? Anda bisa gunakan TuneUp, tidak hanya defrag saja tapi TuneUp sudah melingkupi semua yang ada !!

Menjaga PC Anda selalu dilindungi



Jika browser Anda memakan waktu lebih lama dalam me-load website sebelum Anda atau PC Anda semakin lambat saat menyambung ke Internet maka dapat disebabkan oleh infeksi virus. Jika Anda surfing di Internet secara antusias, Anda harus memiliki antivirus aktif atau antimalware terpasang pada PC Anda, atau paling tidak browser yang termutakhirkan dan add-on filter situs jahat. Saat tersambung ke PC ,sangat mungkin bahwa infeksi online seperti virus , malware , Trojan , worm , rootkit dan lain-lain dapat menargetkan PC Anda .Infeksi ini dirancang untuk melumpuhkan PC Anda yang dapat menggunakan PC Anda sebagai sarana menyampaikan informasi penting atau kredensial account online Anda ke pembuat virus login. Untuk alasan ini, Anda disarankan untuk menambahkan antivirus yang efektif atau perangkat lunak antimalware dalam toolkit PC Anda.
Jika anda memiliki perusahaan tidak salahnya firewall perlu ditanamkan juga ke dalam server anda.

Software recovery file


Perangkat lunak (software) recovery adalah suatu keharusan bagi setiap pengguna PC karena sangat berguna jika Anda telah sengaja menghapus file penting atau dokumen. Menggunakan perangkat lunak recovery, Anda dapat mengambil file bahkan jika Anda telah menghapus file secara permanen. Perangkat lunak recovery membantu karena ketika Anda menghapus file apapun, masih tetap pada hard drive kecuali Anda me-refresh PC ketika digantikan dengan file atau dokumen lainnya. Jadi perangkat lunak recovery dapat mengambil data dengan mengasumsikan bahwa lokasi dokumen di mana itu awalnya disimpan. Oleh karena itu , Anda harus menyertakan software recovery file dalam toolkit Anda karena akan banyak membantu Anda jika Anda telah menghapus file penting atau dokumen.

Jika anda berminat dengan software semacam ini anda bisa membaca post saya tentang software recovery

PC Wizard


PC Wizard adalah alat yang membantu Anda mengetahui spesifikasi teknis PC Anda. Memiliki PC Wizard pada PC Anda adalah penting karena hal itu membebaskan Anda dari mempelajari spesifikasi dari sistem anda dengan senantiasa. Wizard memberikan Anda daftar spesifikasi termasuk prosesor, RAM, harddisk ,GPU dan lain-lain. Anda memerlukan informasi ini jika Anda sedang mencari dukungan teknis dari lembaga dukungan teknis secara online luar seperti Anda memerlukan memberitahu mereka tentang konfigurasi PC Anda. Jadi menginstall PC Wizard berguna sehingga Anda dapat dengan cepat mendapatkan info tentang spesifikasi PC Anda.

Contoh PC wizard (sekarang sih bukan PC wizard jamanya tapi Utility dan sebagainya) misal TuneUp utilities, sudah saya bahas di post sebelumnya, lalu aida64 (dulunya everst), ataupun bawaan windows yang sekedar mengecek informasi system yakni DXDIAG

Uninstaller Wizard

Meskipun bukan merupakan tugas yang sulit untuk meng-uninstall program dari Windows dan bahkan pengguna PC pemula dapat melakukan itu tanpa banyak kesulitan. Tapi ada kasus-kasus tertentu di mana sisa-sisa dari program dan aplikasi tidak bisa dihapus dari hard disk seluruhnya dan akhirnya mengurangi pada keefisiensi dan kinerja PC. Jadi cara terbaik untuk keluar dari kekacauan ini adalah untuk menjaga installer siap pada PC Anda yang dapat menghapus program apapun yang ingin Anda hapus benar-benar tanpa meninggalkan sisa-sisa.

Sesungguhnya uninstall dengan bawaan windows saja tidak masalah tapi biasanya (umumnya) software tersebut meninggalkan jejak berupa junk files seperti .tmp file. Lantas apakah jika menggunakan uninstaller file tersebut akan bersih ? Mungkin iya bisa juga tidak itu tergantung seberapa ampuh database uninstaller !

Jika anda tidak ingin mendownload atau memilih software diatas satu persatu saya ada rekomendasi anda menginstall TuneUp utilites (tetapi ditiap toolsnya hanya sekedar basic feature saja) dan tools ini sangat direkomendasikan bagi pemula yang ingin belajar. Pengecualian dari software ini tidak adanya tools security KLIK disini untuk mendapatkanya !

Apa yang fakta katakan ??

Lantas jika semua tools diatas digunakan apakah ada jaminan PC kinerja kembali seperti saat pertama kali dilakukan instalasi ?? Jawabanya itu relatif, ini tergantung seberapa parah (sulit) untuk dilakukan penetralan inipun tergantung dari user dan tools yang diguankan. Lalu cara yang terbaik ? Untuk yang benar benar ingin mengembalikan PC ke kondisi sewaktu awal pembelian lakukanlah format penuh kepada hard drive / SSD anda lalu lakukan penginsatalan ulang OS tersebut.
Intinya semua kembali kepada user bagaimana dia menggunakan PCnya.
Selanjutnya
« Pos Selanjutnya
Sebelumnya
Pos Sebelumnya »