[Firefox 64bit] Waterfox, pengalaman browsing yang lebih maximal


Pernah dengar kata 64bit ?
Mungkin sudah tidak asing bagi sebagian orang yang kerjaan/ aktivitasnya sering didepan komputer.

Sekarang saya tidak bahas tentang apa itu 'sistem 64bit' dipost kali ini. Saya kali ini akan membahas versi mozilla firefox yang 64bit. Jika anda masih asing dengan istilah 64bit coba silahkan anda menyimak sedikit dari wikipedia atau searching sebelum anda lanjut membaca post saya.

Bagi anda yang suka browsing dan membuka banyak sekali tab pasti akan terasa ada 'lag' dalam proses tersebut padahal spesifikasi komputer udah dianggap tinggi. Tapi tahukah anda bila software juga mempengaruhi kinerja PC anda, lebih tepatnya kali ini browser. Bila software yang anda gunakan tidak menggunakan perfoma PC secara maksimal agak percuma PC harga puluhan juta.

SEBELUMNYA PASTIKAN OS (WINDOWS) YANG ANDA INSTALL ADALAH VERSI 64BIT.


Waterfox adalah 'kembaran firefox' yang dibuat oleh pihak pembuat mozilla firefox. Sebagai kembaranya waterfox hampir sepenuhnya mirip sekali dengan rubah api, kembaranya. Tetapi pada waterfox penggunaan pc 64bit perfoma untuk browsing semakin meningkat. Misal-nya ketika kita sedang membuka banyak tab yang pada versi 32bit (firefox) terkadang terjadi lag atau bahkan hang, pengguna waterfox mungkin sudah jarang mengalaminya atau tidak separah firefox. Kesimpulanya waterfox menggunakan tiap bit sistem (64bit) secara maksimal.

Perubahan yang sangat signifikan cukup terasa pada PC kelas mainstream (64bit), misal lag terjadi pada saat pindah tab jika menggunakan firefox maka ketika bermigrasi ke waterfox pengguna akan  merasa proses pindah tab lebih ringan. 
Contoh nyata, sistem saya AMD E1-1200 1,4ghz (Ram 2GB) sangat kurang puas dengan kinerja sistem ini jika diinstal google chrome, opera, dan firefox diantara ketiga itu kurang memuaskan pengalaman browsing saya mengingat sistem yang cukup low-end. Pada kasus ini akan cukup nampak perubahanya.

Apakah terdapat kekurangan pada waterfox ?
Bagi saya selama penggunaan, browser satu ini lebih boros memory (RAM) karena memang umumnya aplikasi 64bit butuh alokasi ram yang lebih 'luas'. Jangan khawatir, pemborosanya tidak seperti yang anda bayangkan, hanya lebih boros sekian persen saja.

Syarat agar maksimal dalam menggunakan waterfox ada juga. Silahkan disimak berbagai syarat berikut menurut saya :
  1. Flash player 64bit wajib, jika menggunakan versi 32bit perfoma tidak berpengaruh pada pemutaran animasi flash atau stream film.
  2. Java 64bit, untuk me-load kebutuhan program java atau javascript lainya agar lebih maksimal.
  3. Add-ons firefox memang 99% cocok dengan waterfox tapi ingat ! add-ons yang dibuat untuk firefox dibuat dengan standar firefox jadi harap pilah-pilah sebelum memasang-nya karena cukup bepotensi penurunan perfoma.
  4. Jika bisa, anda gunakan fitur dual-channel pada RAM (bila ada) dengan memasang sepasang RAM pada PC anda dan jika memungkinkan RAM yang terpasang berkapasitas 4GB untuk mendapatkan perfoma yang lebih terasa.
Mungkin sekian dulu review dan post tentang waterfox. Saya juga baru saja memakainya, jadi mungkin post akan disempuranakan lagi lain waktu.

Selanjutnya
« Pos Selanjutnya
Sebelumnya
Pos Sebelumnya »

1 komentar:

Klik Disini Untuk komentar
Tuesday, April 07, 2020 3:17:00 PM ×

good job gan
pinset hp lurus

Congrats bro Shikamaru Nara you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar