[Solusi] Seberapa mahal biaya listrik komputer anda ?


" Anda pengguna komputer/ PC ?
Berapa tagihan bulanan rekening listrik anda ? pastinya beragam mulai dari 50rb ++ hingga sampai jutaan rupiah.
Apakah anda pernah berpikir untuk membuat komputer anda lebih hemat daya ?
Apakah anda termasuk orang yang kurang peduli dengan masalah konsumsi listrik besar ?
atau Apakah rumah anda sering mati listrik mendadak karena daya komputer yang besar ?
dan Apakah anda merencanakan untuk beralih keperangkat mobile yang lebih hemat daya ? "


Pertanyaan diatas pasti tak jarang dipikirkan oleh setiap orang pengguna PC yang terkadang bisa meresahkan kondisi finansial mereka. Tahukan anda bahwa dari jaman-ke-jaman teknologi komputer semakin dikembangkan dan semakin hemat daya tentunya (tapi perfoma semakin naik). Tapi tak jarang beberapa pengguna komputer meresahkan biaya listrik bulanan mereka ?

Begini faktanya kenapa daya komputer anda cukup boros :

1. Komputer yang anda beli sudah "out-of-date", maksudnya sudah tidak jaman dipake untuk sekarang bahkan kedepanya lagi. Tapi jangan berkecil hati jika anda sulit menentukan budget yang pas untuk membeli PC baru cukup ganti komponen intinya saja : motherboard, processor (jaman sekarang umumnya sudah terintergrasi pula dengan VGA), RAM, power supply (bila perlu).

Untuk media penyimpanan dan lainya itu bisa dipikirkan 2x atau jika terpaksa. Tetapi masalahnya harga pasaran dipatok dengan mata uang $$$ !!! Bagaimana faktor inflansi ? Itu permasalahan yang membuat pandangan orang tentang PC jaman sekarang harganya mahal-mahal, faktanya PC bagus sekarang ga perlu mahal-mahal amat tinggal tentukan kebutuhan dan budget. Hanya dengan teknik itu anda akan bisa mengoptimalkan kebutuhan komputasi anda.

2. Power Supply (PSU) yang buruk kualitasnya, hal ini yang paling sangat tidak diperhatikan orang pada umumnya. Mereka terkadang menganggap bahwa PC mereka sangat haus daya. Padahal komponen PSU lah yang kurang cerdas mengoptimalisasi daya yang dibutuhkan alhasil banyak daya yang terbuang sia-sia. Lebih tepatnya PSU tidak bisa menentukan daya dengan tepat sesuai dengan yang dibutuhkan komputer.

PSU yang hemat daya, memilliki rangkaian yang lebih 'cerdas' dari PSU biasa atau sebut saja bawaan casing. Lantas berapakah harganya ? harga tidak terpacu terlalu jauh, itupun berdasarkan daya yang dibutuhkan pengguna dan sesuiakan dengan spesifikasi PC. Yang terpenting adalah efisiensi daya dari PSU tinggi. Lebih jelasnya tentang daya PSU disini

3. Spesifikasi komputer yang tidak sesuai kebutuhan anda, ini adalah faktor yang paling memboroskan keuangan anda jangka pendek maupun panjang, misal anda seorang sekretaris tetapi anda membeli PC berspesifikasi kelas desain dan arsitek. Sungguh membuang uang anda diawal dan tagihan listrik bulanan. Solusinya anda bisa menurunkan spesifikasinya atau menjualnya dengan membeli yang baru. Atau mungkin anda bisa menggunakan laptop.

4. Faktor setting sistem operasi / software tambahan, yang terakhir ini saya kurang me-rekomendasikan bagi pengguna biasa karena mungkin bisa beresiko salah setting tapi tak masalah jika anda ada waktu luang coba-coba saja maksimalkan setting komputer anda menjadi se "grean" mungkin (setting sleap dan sebagainya). Setting ini bisa melalui BIOS, software khusus, dan sistem operasi. Untuk software anda bisa gunakan 'Granola'. Yang terakhir ini memang kurang terlalu berasa penghematan daya-nya tetapi itu juga tergantung tingkatan setting dan komposisi hardware yang mendukung.

Terkadang orang salah persepsi bahwa komputer hebat itu selalu memakan daya yang besar. Memang itu masih menjadi acuan saat ini. Tapi tak ada salahnya untuk menekan daya seminimal mungkin.

Stay calm and Go GREEN !!

*selengkapnya tentang granola disini
Selanjutnya
« Pos Selanjutnya
Sebelumnya
Pos Sebelumnya »