ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku

ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku
(foto pemilik dan notebook ASUS 1215B)

ASUS, nama yang sudah tak jarang muncul didunia 'perkomputer-an'. Tidak hanya mempunyai nama yang dikenal, integritas mereka terhadap pengguna juga sangat baik dan tak jarang orang rekomendasikan laptop ASUS apalagi kalo soal game tujuan utamanya kemungkinan besar ASUS. Dalam masalah kepuasan konsumen ASUS juga memberikan hingga garansi 2 tahun penuh untuk laptop.

Tentunya siapa tidak senang jika laptopnya punya jaminan aman selama itu ? dan
Apakah ASUS tidak takut rugi ?
Jelas bukan tidak takut rugi melainkan kualitas produk yang sudah terjamin.

Kali ini saya akan kupas tuntas notebook ASUS yang menurut saya notebook terbaik dan favoritku sendiri. Notebook itu adalah ASUS Eee PC 1215B yang dimiliki teman saya yang sering saya gunakan, meskipun kecil dan ramping hampir mirip netbook tetapi dari banyak sisi lebih kearah notebook.

Pengalaman dari waktu-ke-waktu menggunakan ASUS 1215b meskipun itu ASUS 1215B bukan milik saya tetapi saya sudah cukup lama menggunakanya untuk keperluan sekolah, maintenance, dan sempat saya sering install ulang notebook tersebut. Dari keterangan pemilik laptop ini sudah sejak tahun 2012 tetapi saya baru kenal dia tahun 2013 dan saat itu saya sering menggunakanya.

Jadi bagaimana ASUS 1215B itu ? Ini dia ASUS 1215B


ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku : ASUS 1215B (versi AMD C-60)


Notebook mungil ini menurut saya sangat bersahabat bagi anak muda, dengan dapur pacu milik AMD notebook ini mampu memberi pengalaman multimedia yang lebih juga sekaligus diiringi penggunaan yang lebih lama dengan mode baterai. Finishing body yang terkesan unik membuat ASUS terkesan tidak mainstream, begitu kata anak muda. Terlebih lagi kemampuan multimedianya tidak dapat dipungkiri dapat digunakan sebagai sarana hiburan hingga gaming (sesuai kriteria). Bagi saya ASUS 1215B adalah notebook terbaik dikelasnya dan tentu saja favoritku dengan keunikan juga kelebihanya walau notebook lain punya spesifikasi persis dengan ASUS 1215B. Lalu, bagaiman saja keseluruhan ASUS 1215B ? Akan saya review sebagai berikut.

Tampak luar keseluruhan - Overall

ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku
(ASUS 1215B tampak bagian kanan)

ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku
(ASUS 1215B tampak bagian kiri)

ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku
(ASUS 1215B tampak belakang)

ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku
(ASUS 1215B tampak bawah)


Mulai dari cover notebook, ASUS sudah membuatnya terlihat keren dan memiliki kesan tersendiri jika digenggam, kesan pertama pada cover sekilas terkesan semi-glossy dan kesan tahan gores. Berat keseluruhan notebook ini 1.53kg (berdasarkan review dari luar). Bagian bawah notebook ini mudah untuk dibuka untuk keperluan perawatan dan upgrade peripheral. Lalu pada bagian baterai didesain menanjak sehingga membuat pengguna mendapat sudut pandang yang pas saat duduk.

Pada kiri-kanan body notebook dilengkapi juga peripheral dan input/ output layaknya sebuah notebook umumnya, tetapi kelebihan ASUS sangat terlihat dengan memberikan 2 (DUA) port USB 3.0 dan port HDMI, lebih bebas ber-multimedia bukan ? Anda tidak perlu lagi galau karena transfer data antar flash-disk karena lambat dan tak perlu takut kehilangan pengalaman menonton film HD.

Display - Layar LCD


Dengan lebar layar hanya 12.1 inch glossy tetapi kedalaman pixel LCD ini sudah menyamai notebook konvensional 14inch yaitu 1366x768 (HD 720p). Terbilang pantas untuk standar hiburan dengan tampilan gambar kualitas HD (high definition). Terdapat juga webcam 0.3 megapixel sebagai pelengkap konekfitas video call.

Touchpad & Keyboard






Touchpad dengan pengalaman multi-touch atau dapat digunakan hingga dua jari lebih dan dapat disetting sesuai gesture untuk melakukan perintah tertentu, misal zoom dengan cara melebarkan jarak 2 jari.
Keyboard desain chicklet sehingga membuat keyboard sangat empuk ketika mengetik dan jarak tiap tombol keyboard yang terkesan tidak terlalu rapat dengan demikian akurasi mengetik semakin baik.

Konektifitas


Peripheral konektifitas umum juga terdapat pada notebook ini juga. Mulai dari Wireless (802.11 b/g/n), bluetooth 3.0 dan adanya slot ethernet LAN (100Mb/s). Tidak ada yang spesial pada konektifitas karena memang notebook sudah umumnya dengan komposisi tersebut tanpa tambahan dukungan modem internal (jaringan 3G).

Perfoma sistem (AMD APU C-60)


Kali ini masalah perfoma dalam pembahasan perfoma pasti tidak panjang lebar jika keseluruhan dibahas. Kali ini yang akan saya bahas hanyalah processor-nya saja tepatnya CPUnya C-60 dan VGAnya AMD HD 6290.

Berdasarkan perfoma sintetis yang saya dapatkan CPU dapat bekerja melakukan tugas ringan, mengetik, browsing, gaming, dan pekerjaan sehari-hari yang membutuhkan komputasi. 


  • CPU

Berdasarkan pembandingan sintetis disamping (lebih jelasnya buka ditab baru) bahwa CPU terlihat pada angka score index windows 7 adalah 3.1 dan score benchmark 3DMark06 (CPU - untuk CPU) adalah 633.

Sudah cukup standar menjalankan aplikasi-aplikasi harian, seperti office seperti yang saya katakan sebelumnya. Meskipun terbilang pas-pas an tapi dibalik itu masih ada VGA yang powerfull.




  • VGA

Berikut benchmark/ tolak ukur mengenai perfoma vga HD 6290. Pada gambar tersebut bahwa HD 6290 dan sekelasnya hanya beda tipis. 

Pada tolak ukur 3DMark 06 terlihat jelas VGA ini hampir menyamai VGA kelas low-mid end. Hal tersebut membuktikan bahwa notebook ASUS 1215b sangat cocok untuk multimedia.








ASUS Notebook Terbaik - Fitur tambahan dan kelebihan yang dimiliki ASUS



Notebook terbaik

Bagi yang sudah mengenal notebook ASUS cukup lama pasti tau apa yang membuat notebook keluaran ASUS ini dapat dirasakan memiliki ciri dan kelebihan cukup menonjol ketimbang merk lain.

Tahukah anda mengapa ASUS sering-sering dinobatkan sebagai notebook gaming ? Sangat jelas durabilitas yang lebih baik sehingga memiliki umur penggunaan yang lebih panjang, padahal jika dilihat sekilas tampak sama begitu pula spesifikasi yang diberikan ASUS tidak semua laptop dikhususkan untuk gaming tapi tetap saja durabilitas terjamin.

Menurut saya memang itu sudah sering terjadi bahkan fakta diligkungan sekitar cukup jarang terdengar laptop ASUS bermasalah bahkan mati total. Tidak hanya alasanya itu yang membuat saya sangat melirik dan membidik ASUS sebagai laptop prioritas untuk dibeli. ASUS juga mempunyai fitur dan cara khas sendiri pada notebook mereka. Fitur-fitur seperti gambar diatas adalah yang ada pada notebook ASUS berdasarkan tipe dan seri tertentu.

Akan saya jelaskan fitur-fitur khas ASUS sebagai berikut :

  • ASUS Ice Cool, inovasi yang dilakukan ASUS agar notebook tetap nyaman dan dingin ketika digunakan juga memberikan kenyamanan dalam mengetik bahkan gaming karena keyboard tidak panas. Tentunya anda bisa lebih betah bekerja dengan nyaman.
  • ASUS Insant On, anda mungkin tidak percaya notebook dalam 3 detik !! walau notebook sudah dalam keadaan sleep lebih dari 21hari. Sangat cepat, anda tidak perlu lagi menunggu proses booting yang menyita waktu anda. Tetapi sebelumnya anda harus install software Instant On terlebih dahulu.
  • ASUS Power 4 Gear, daya tahan baterai lebih lama bisa anda dapatkan dengan software ini dapat anda sesuaikan sendiri setting antara penggunaan berat dan ringan. Jelas software mirip opsi power saver bawaan windows tetapi Power 4 Gear memiliki fungsi yang lebih lengkap.
  • ASUS Super Hybrid Engine (SHE), software hampir mirip Power 4 Gear tetapi lebih teroptimasi dan lebih mengoptimalkan kebutuhan pengguna. Software ini diklaim mampu memacu notebook ASUS hingga batas perfoma maksimal.
  • ASUS USB Charger + (plus), dengan fitur ini anda tidak perlu lagi membawa banyak charger karena daya yang dihasilkan USB sudah didesain sedimikian rupa untuk men-recharge gadget anda lebih baik ketimbang pada notebook lain. Untuk mengaktifkan fitur ini anda juga perlu menginstall software-nya terlebih dahulu.
Fitur-fitur tersebut adalah salah satu temuan ASUS sendiri dan ada juga fitur-fitur pihak ketiga seperti SRS premium sound, Sonic master untuk meningkatkan kualitas suara. Fitur diatas hanya sebagian saja dan yang umum pada pasaran Indonesia ketika artikel ini dibuat, jelas fitur yang lain masih banyak terutama untuk laptop ASUS kelas gaming (ASUS ROG) dan ASUS ultrabook.

Fitur yang terdapat pada ASUS 1215B dan kelebihanya yang saya rasakan tentu saja tidak berbeda jauh dari yang saya cantumkan diatas, yang ASUS 1215B miliki adalah ASUS SHE, Instant On, dan USB Charger +. Dengan fitur tersebut tentu saja membuat saya merasa ASUS 1215B terbaik dikelasnya. 

Kelebihan yang sudah sangat saya rasakan adalah ketahanan baterainya yang tetap terjaga walau sudah berumur 2 tahunan tetapi mampu bertahan hingga 4jam untuk menonton film HD, kapasitas baterainya adalah 5200 mAh tentunya dan juga perfomanya yang masih dapat bersaing dengan notebook keluaran baru sekelasnya.

Kesimpulan ASUS 1215B

ASUS 1215B memang kurang powerfull untuk pekerjaan yang membutuhkan proses berat seperti progamming dan desain 3d. Itu dikarenkan kemampuan CPU yang terbatas tetapi diluar itu VGA membuat kelemahan tersebut tertutupi dengan kemampuan pengolah grafis yang cukup baik maka dari itu tidak ada kendala untuk memainkan video kualitas 1080p tanpa masalah. Dengan body yang tipis, elegan, ringan, dan unik maka ASUS 1215B sudah pantasnya sebagai notebook pengguna dengan mobilitas tinggi tetapi dengan dukungan multimedia yang baik. 

Jadi apakah tidak bisa untuk gaming ? Tentu saja bisa dengan memperhatikan spesifikasi minimum pada game dan mainkanlah game yang lebih menggunakan VGA ketimbang CPU karena dengan demikian pengalaman bermain game tidak mengecewakan.

Lebih tepatnya ASUS 1215B memang diutamakan untuk portabilitas serta mobilisasi yang membutuhkan notebook dengan daya tahan lama serta fitur yang memadai. Dengan demikian ASUS 1215B Termasuk dalam Notebook ASUS Terbaik dan Favoritku dalam hal portabilitas budget rendah.
Selanjutnya
« Pos Selanjutnya
Sebelumnya
Pos Sebelumnya »

1 komentar:

Klik Disini Untuk komentar
Unknown
admin
Friday, August 22, 2014 12:36:00 PM ×

sekarang sudah agak murah ya asus harganya ?

Congrats bro Unknown you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar