Cara install Android di Windows


Sistem operasi Android sudah lama mendominasi gadget dan sistem operasi besutan google ini tidak tanggung-tanggung mempermudah pemasaranya, perusahaan pembuat perangkat pun dapat mengadopsi android dengan harga sangat murah bahkan GRATIS dan hanya perlu membuat perjanjian bersama google.

Tentu saja itu adalah salah satu latar belakang android menjadi populer didunia gadget dan perangkat mobile. Walau murah tapi tidak murahan. Bagaimana dengan pengguna PC dekstop atau laptop ? Google sudah membuat pula notebook dan netbook bersistem operasi android, tapi tentu saja sistem operasi ini tidak bekerja layaknya windows yang sudah sangat mapan bekerja menjalankan software dekstop.

Karena begitu boomingnya sistem android, hampir disetiap perangkat elektronik mengadopsi android, mulai dari tv, smart watch, dvd player, console android dan bahkan perangkat elektronik lainya juga ada. Karena android terlalu bebas, jika di PC (windows) kita pasti akan lebih mantap kesanya dan kita lebih bisa mengeksplorasi android lebih luas dan dalam.


Software Android Emulator - Untuk Windows

Dari sekian banyak macam software untuk merasakan cita rasa android pada windows anda dapat menyesuiakan sesuai kebutuhan dan tentunya mana yang anda rasa pas untuk anda. Walau android rasanya sangat bebas tapi emulator untuk windows masih terlihat sedikit ragamnya.

Berikut software-nya :




  1. Android SDK Manager, software ini disediakan google dan dikhususkan untuk pengembang android serta bisa juga untuk kualifikasi pembuatan aplikasi android. Pertama-tama yang perlu anda siapkan adalah Java dan Android SDK bundle. Untuk tutorialnya saya berikan terpisah karena cukup panjang dan jika anda sudah bisa langsung saja tanpa tutorial. Tutorial dapat anda download disini.



  2. Bluestacks, emulator android untuk windows yang satu ini sudah sangat terkenal karena efisiensi dan terbilang lebih ringan. Dari semua jenis emulator bluestacks memiliki ciri khas tersendiri membuatnya terkesan lebih cocok sebagai sistem operasi kedua (menumpang) pada windows. Anda bisa langsung dow
    nload dari situsnya disini http://www.bluestacks.com/ atau jika anda merasa kesulitan download dengan downloader mereka anda juga bisa download langsung instalasi offline disini.
  3. Genymotion, meskipun tidak semudah menggunakan bluestacks dan kurang populer, tetapi jelas software ini lebih digemari pada ahli dan pengembang. Kelengkapan dan fitur fitur khas milik mereka menjadi alasan anda lebih mudah melakukan eksperimen dengan genymotion. Tetapi kurang saya anjurkan menggunakanya karena kurang bebas untuk melakukan instalasi aplikasi (apk). Cara penggunaan dan penginstalan memang sangat mudah tapi kurang bersahabat. Diawal anda juga harus mendaftar akun genymotion untuk mendownload device android yang tersedia. Anda bisa download disini. Genymotion berbasis berjalan dengan Virtual Box.

  4. YouWave, hampir sama seperti genymotion karena sama sama berjalan dengan Virtual Box, tetapi belum pernah saya review dan belum dikenal juga. Meskipun software ini tergolong masih baru tetapi anda bisa juga mencobanya mungkin memiliki ciri khas yang anda suka. Jelas pula software ini lebih bersahabat dibanding genymotion. Situs download disini
Sekian saja software-software android yang biasa digunakan sebagai emulator android pada windows. Software emulator diatas semuanya WAJIB menggunakan internet karena mendownload resource (device android) yang akan digunakan nantinya, pengecualian bluestacks installer offline. Menurut saya yang terbaik adalah bluestacks karena kemudahan dan antarmuka pengguna yang bersahabat, serta dukungan yang baik untuk mendownload aplikasi dari google play.
Selanjutnya
« Pos Selanjutnya
Sebelumnya
Pos Sebelumnya »