Cara Monitoring Aktifitas Jaringan Internet pada Windows



Peretas didunia maya itu sudah dan jika tiba-tiba komputer satu perusahaan anda terkenan virus tiba-tiba itu juga cukup wajar. Tetapi, tahukah anda kenapa perkembangan dunia hacking dan cracking begitu cepat ? bahkan banyak anak muda sudah menjadi peretas bahkan hingga situs pemerintahan pun kesanya sangat mudah dibobol, bahkan hanya belajar secara mandiri. Sudah sangat jelas karena jaman sekarang sudah era internet, semua menjadi lebih mudah dengan adanya internet dan tentu saja software pendukung peretas banyak sekali yang gratis.

Tetapi kali ini saya tidak akan bahas tentang peretasan tetapi software untuk memonitor data yang dikirim/ diterima pada jaringan. Dalam bahasa peretas sering bisa disebut juga sniffing/ mengendus data dan tepat ini adalah salah satu teknik kejahatan peretasan data didunia maya . Tentu saja software yang akan saya bahas kali ini tidak se 'extrim' itu. Hanya sekedar memonitori data yang keluar masuk pada komputer anda sendiri. Tentu saja hal ini untuk pemahaman dasar. Software ini hanya bertujuan layaknya log file pada firewall atau antivirus yang merekam aktifitas jaringan.

Penasaran seperti apa ? Saya akan kenalkan kepada anda Microsoft Network Monitor



Microsoft Network Monitor

Software ini fungsinya sesuai namanya, yaitu memonitor aktifitas internet. Penggunaan sangat mudah dan memang dikhususkan untuk melaporkan aktifitas internet yang didapat. Tampilan antarmuka yang sangat bersahabat dan cara pengguanaan yang simple sehingga pengguna baru hanya perlu mencoba-coba sebentar untuk memahami dasarnya.

Berikut cara menggunakanya :

  1. Setelah anda menginstallnya, buka program tersebut.
  2. Lalu tentukan dahulu adapter jaringan yang ingin anda capture packet datanya.
  3. Setelah itu klik tulisan berwarna biru 'New capture tab'.
  4. Lalu klik tombol 'Start'
  5. Maka sekarang aktifitas adapter yang anda gunakan untuk koneksi akan termonitor dengan jelas dan arus datanya dapat anda lihat.
  6. Sekarang anda bisa lihat hasilnya
Penjelasan dengan gambar :




Saya tidak akan jelaskan panjang lebar tentang software ini, karena jelas sangat mudah menggunakanya. Intinya software ini memindai semua aktifitas jaringan maupun internet dan aplikasi apa saja yang melakukan kirim dan terima data pada internet maupun jaringan lokal. Ada fitur decode juga untuk pembacaan data lebih akurat tetapi saya tidak sertakan penjalasanya disini. Terlihat simple tetapi aktifitas malware yang terkoneksi ke internet dan semakin menginfeksi komputer anda dapat anda matikan dengan cepat karena sudah tau penyebabnya.

Pada akhir posting saya hanya berpesan gunakanlah software ini dengan bijak karena bagaikan pedang bermata dua. Segala tindak kriminal bukan tanggung jawab saya dan tentunya pembuat software tersebut. Semoga software ini membantu pekerjaan anda lebih mudah.

DOWNLOAD DISINI (versi 3.4, saat post ini dibuat)
Selanjutnya
« Pos Selanjutnya
Sebelumnya
Pos Sebelumnya »

1 komentar:

Klik Disini Untuk komentar
Monday, July 29, 2019 1:44:00 PM ×

ok sihini min
solder uap

Congrats bro LOVELYZ TRILOGY you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar